Kompas TV regional berita daerah

Lalu Lintas WNA ke Indonesia Dilonggarkan, Imigrasi Sulsel Perketat Pengawasan WNA

Minggu, 17 Oktober 2021 | 15:58 WIB
lalu-lintas-wna-ke-indonesia-dilonggarkan-imigrasi-sulsel-perketat-pengawasan-wna
Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumahm SulSel, Sabtu (16/10) mengingatkan kepada jajarannya pada Kantor Imigrasi Makassar, Parepare, Palopo serta Rumah Detensi Imigrasi Makassar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan (Sumber: kanwilkumham sulsel)

Makassar. Pintu keluar masuk lalulintas orang internasional yaitu Bandar Udara Ngurah Rai-Bali, Pelabuhan Laut Batam dan Bintan telah dibuka kembali oleh pemerintah pada Kamis 14 Oktober. Pembukaan pintu keluar masuk internasional ini menambah jumlah pintu yang selama ini sudah beroperasi sejak beberapa waktu lalu yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi-Manado.

Terkait dengan bertambahnya jumlah pintu keluar masuk internasional yang sudah dibuka itu, Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumahm Sulawesi Selatan, Sabtu (16/10) mengingatkan kepada jajarannya pada Kantor Imigrasi Makassar, Parepare, Palopo serta Rumah Detensi Imigrasi Makassar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait dengan potensi banyaknya orang asing yang akan berkunjung atau tinggal di daerah Sulawesi Selatan.

Dodi menyatakan agar dalam melakukan pengawasan orang asing untuk selalu berdasarkan pada Standard Operational Procedur (SOP) yang berlaku dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Hal itu disampaikan Dodi sesaat setelah melakukan monitoring dan evaluasi atas kesiapan kinerja Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Rabu Lalu.

Dalam kegiatan bersama Tim Divisi Keimigrasian tersebut, Dodi didampingi oleh Andi M. Reza sebagai Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian yang dalam keterangannya menyampaikan bahwa pagi harinya ia telah mengikuti rapat yang diselenggarakan oleh Pimpinann PT. Angkasa Pura dan dihadiri oleh instansi terkait pada bandar udara internasional.

Rapat dimaksud hanya untuk melakukan antisipasi awal sehubungan dengan telah dibukanya kembali perjalanan ibadah umroh oleh Pemerintah Arab Saudi bagi para WNI.

“Kami selalu siap untuk melaksanakan tugas keimigrasian karena walaupun pemeriksaan regular keimigrasian telah dihentikan sejak jalur internasional tidak beroperasi pada bulan Maret 2020 karena pandemi covid-19 namun kami setiap hari selalu menempatkan petugas karena ada kalanya harus melakukan pemeriksaan keimigrasian untuk penerbangan pengangkutan barang (cargo), pengawasan atas pesawat asing yang transit dalam rangka pengisian bahan bakar (refueling) seperti pesawat Antonov Rusia tujuan Australia yang transit beberapa waktu lalu, maupun pemantauan atas para WNA pada jalur domestik”. Demikian kata Reza.

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19