Kompas TV olahraga kompas sport

F1 GP Turki: Bottas Tercepat, Hamilton Kelima, Verstappen ke Puncak Klasemen Pembalap

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 23:12 WIB
f1-gp-turki-bottas-tercepat-hamilton-kelima-verstappen-ke-puncak-klasemen-pembalap
Valtteri Bottas tercepat di F1 GP Turki, Lewis Hamilton posisi kelima, Max Verstappen ke puncak klasemen pembalap. (Sumber: Twitter @MercedesAMGF1)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Pembalap Mercedes Valtteri Bottas berhasil jadi yang tercepat di F1 GP Turki, Minggu (10/10/2021). Sementara itu Lewis Hamilton hanya finis di posisi kelima yang membuat posisinya di klasemen pembalap digusur oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. 

Hamilton memulai balapan dari urutan 11 setelah mendapatkan penalti turun 10 grid karena melakukan pergantian mesin saat kualifikasi. Meski sempat naik ke urutan ketiga, strategi pergantian ban yang kurang tepat membuat pembalap asal Inggris tersebut harus puas finis di posisi kelima. 

Hasil ini tentu sangat menguntungkan bagi Max Verstappen yang finis di posisi kedua. Pembalap asal Belanda itu berhasil menggusur Hamilton dari puncak klasemen dengan keunggulan 6 poin. 

"Sekarang sudah mendekati akhir tahun. Musim ini telah berjalan baik," kata Verstappen dikutip dari Associated Press

“Dengan (enam) poin itu tidak akan mudah. Kami akan melihat di Austin bagaimana kelanjutannya. Saya pikir beberapa trek bisa menjadi sedikit lebih baik (bagi kami)," tutur Verstappen. 

F1 GP Turki semakin manis bagi Red Bull setelah rekan setim Verstappen, Sergio Perez juga berhasil naik podium setelah menempati urutan ketiga. 

Meski Mercedes mengalami kekecewaan dengan Hamilton yang finis kelima, pabrikan top tersebut setidaknya bisa sedikit berbangga setelah Bottas mampu meraih podium teratas di F1 GP Turki. 

Baca Juga: Hasil Sprint Race Perdana di F1, Max Verstappen Jadi yang Tercepat!

Bottas mengunci kemenangan pertamanya tahun ini ketika dia melewati Leclerc dengan sekitar selusin lap tersisa. 

Ini merupakan kemenangan pertama Bottas sejak F1 GP Rusia pada September tahun lalu.

"Sudah lama (setelah terakhir juara). Mungkin ini salah satu balapan terbaik saya di Formula Satu, semuanya terkendali," ucap Bottas. 

Kemenangan ke-10 dalam kariernya ini merupakan kemenangan yang sangat dibutuhkan Bottas sebelum bergabung dengan Alfa Romeo tahun depan. 

Sementara itu pembalap Ferrari, Carlos Sainz Jr terpilih sebagai pembalap terbaik hari ini. 

Sains Jr berhasil finis di posisi ke delapan meski ia melakoni start dari grid belakang di F1 GP Turki. 

Baca Juga: Hasil F1: Verstappen Juara di Austria GP, Hamilton Gagal Podium

 



Sumber : Associated Press/Formula One


BERITA LAINNYA



Close Ads x