Kompas TV video sinau

Unik! Binatang Ini Mampu Mendengar tanpa Gendang Telinga

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 17:15 WIB
unik-binatang-ini-mampu-mendengar-tanpa-gendang-telinga
Penampakan cacing Caenorhabditis elegans. (Sumber: Heiti Paves/Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MICHIGAN, KOMPAS.TV - Telinga dan gendang di dalamnya adalah organ makhluk hidup yang berfungsi untuk mengindra suara. Organ ini umum ditemukan dalam hewan verterbrata dan beberapa jenis antropoda.

Akan tetapi, tidak memiliki telinga bukan berarti tidak bisa mendengar. Hal tersebut dibuktikan oleh hewan yang diteliti oleh Shawn Xu dan kolega di Universitas Michigan.

Tim yang dipimpin Xu meneliti spesies cacing kecil dengan nama Latin Caenorhabditis elegans, seekor cacing kecil yang berukuran kira-kira satu milimeter. Temuan atas sensor pendengaran cacing itu mengejutkan mereka.

Sebelumnya, kalangan ilmuwan telah dibuat penasaran oleh pengindraan cacing yang tak memiliki telinga. Ilmuwan zaman dahulu mengira spesies tersebut tidak bisa mendengar karena tidak memiliki telinga.

Baca Juga: Selain Cacingan, Ini 7 Penyebab Anus Gatal dan Solusinya

Biolog terkemuka, Charles Darwin pernah melakukan percobaan sederhana pada 1800-an. Eksperimennya berupaya mengetahui apakah cacing tanah bisa mendengar suara. 

Ia meminta anaknya membunyikan basun di dekat cacing. Cacing tersebut tidak bereaksi. Sehingga, Darwin berkesimpulan bahwa cacing tidak bisa mendengar.

Akan tetapi, penelitian Xu dua abad kemudian membuktikan sebaliknya. Melansir penelitian Xu dan kolega yang dipublikasikan di jurnal Neuron (via National Geographic), cacing C. elegans ternyata bisa mendengar.

Cacing itu menggunakan kulitnya sebagai membran pengindra suara. Jadi, meskipun tak memiliki organ gendang telinga, seluruh tubuhnya yang dilapisi kulit merupakan gendang telinga.

Xu meneliti indra pendengaran cacing itu setelah eksperimen-eksperimen sebelumnya yang berhasil mengeksplorasi pengindraan makhluk tersebut. 

Penelitian-penelitian terdahulu membuktikan bahwa cacing itu bisa mencium bau, mengecap rasa, merasakan sentuhan, bahkan memiliki indra propriosepsi, keawasan tubuh atau “indra keenam”.

“Sejak itu, hanya ada satu hal yang belum diketahui, dan itu adalah sensasi pendengaran. Kami telah menghabiskan bertahun-tahun mencari hal ini,” kata Xu kepada National Geographic.

Baca Juga: Viral Video Hewan Seperti Cacing Bisa Muncratkan Cairan Seperti Akar, Ini Penjelasan LIPI


 



Sumber : National Geographic


BERITA LAINNYA



Close Ads x