Kompas TV nasional politik

PAN Buka Peluang Dukung Anies dan Erick Thohir Maju di Pilpres 2024

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 11:00 WIB
pan-buka-peluang-dukung-anies-dan-erick-thohir-maju-di-pilpres-2024
Anggota DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) lantaran menolak karantina usai tiba dari luar negeri. (Sumber: Dok. Humas DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus PAN Guspardi Gaus menyebut pihaknya membuka peluang mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju di perhelatan Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut dia, kini situasi dinamika politik Tanah Air jelang pesta demokrasi lima tahunan tersebut amat dinamis, sehingga pihaknya memberi kesempatan bagi siapapun untuk membangun hubungan baik dengan PAN. 

Baca Juga: Fraksi PDIP Tak Setuju dengan Usulan Pemerintah soal Pemilu Digelar pada 15 Mei 2024

"Ketua umum kami ini kan orangnya sangat demokratis, sangat aspiratif dan akomodatif. Sehingga dengan siapapun silaturahim bisa terjalin dan terbangun," kata Guspardi kepada Kompas TV, Jumat (8/10/2021). 

Ia menilai ketokohan Ketua Umum Zulkifli Hasan dinilai bisa memikat seluruh lapisan masyarakat dan sejumlah calon presiden lainnya untuk menggunakan PAN sebagai kendaraan politiknya. 

"Pak Zulhas kan dekat dengan semua tokoh, baik kang Ridwan Kamil, mas Anies Baswedan, Ibu Khofifah Indar Parawansa begitu juga pak  Erick Thohir dan tokoh lainnya yang dianggap potensial maju sebagai capres atau cawapres pada gelaran Pemilu 2024," ujarnya. 

Anggota Komisi II DPR ini menjelaskan, bila mengacu kepada hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN pada 1 September 2021 lalu, pihaknya masih berharap Zulkifli Hasan maju sebagai peserta Pilpres 2024 mendatang. 

"Sementara waktunya masih panjang. DPP PAN tentu akan melakukan kajian dan evaluasi dari berbagai kemungkinan yang ada," katanya. 

Baca Juga: Hakim MK Sebut Pemilu di Indonesia Ruwet dan Rumit

Ia mengaku nantinya pada waktu yang tepat DPP akan mempertimbangkan sejumlah masukan dan tokoh mana untuk bertarung dalam hajatan demokrasi tersebut. 

"Mana yang (dilihat) masyarakat yang lebih tepat, lebih peduli, lebih punya perhatian kepada agenda reformasi dan memikirkan kesejahteraan rakyat dan lain sebagainya, tentu akan menjadi perhatian dan pertimbangan DPP PAN," katanya. 
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x