Kompas TV nasional update

5 Media Asing Soroti Rencana Pembukaan Penerbangan Internasional Bandara Ngurah Rai

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 17:14 WIB
5-media-asing-soroti-rencana-pembukaan-penerbangan-internasional-bandara-ngurah-rai
Ilustrasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Denis Moskvinov)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah merencanakan untuk membuka penerbangan internasional di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali mulai minggu depan.

Mulai 14 Oktober 2021, warga negara asing (WNA) sudah bisa kembali masuk ke Indonesia. Kebijakan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kasus Covid-19 yang sudah mulai menurun.

Rencana pembukaan kembali penerbangan internasional tersebut menuai sorotan dari sejumlah media asing.

Dilansir Kompas.com, Rabu (6/10/2021), berikut beberapa di antara media asing yang menyoroti rencana pembukaan penerbangan internasional di Bali tersebut:

1. CNN

Dalam berita berjudul “Bali to reopen to international flights", yang terbit pada Selasa (5/10/2021), CNN mengabarkan Indonesia akan membuka kembali Bandara Ngurah Rai Bali di Denpasar mulai 14 Oktober.

Pembukaan penerbangan internasional itu diartikan bahwa Indonesia siap untuk menghidupkan kembali pariwisatanya, setelah terpukul keras akibat Covid-19.

Persyaratan bagi penumpang juga disebutkan. Informasi didapatkan dari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

Syaratnya yaitu setiap penumpang kedatangan internasional harus memiliki bukti pemesanan hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri.

CNN menulis, saat ini tidak ada daftar akomodasi yang diterima di mana wisatawan akan diizinkan untuk dikarantina.

Selain itu tidak diketahui apakah Bali akan membuka "corridors" atau "bubbles" khusus turis untuk memisahkan wisatawan dan penduduk lokal.

Sementara, juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara, menyebut bahwa wisatawan yang hanya ingin melakukan perjalanan liburan tidak diizinkan masuk.

Visa hanya diberikan kepada orang asing yang dianggap mendesak dan pekerja terampil, paramedis atau investor, serta orang asing yang menikah dengan orang Indonesia juga diperbolehkan.

2. New York Times

Dalam berita berjudul "Indonesia plans to allow foreign flights into Bali as early as next week" pada Selasa (5/10/2021), NY Times menulis, Indonesia kembali membuka penerbangan internasional Bali minggu depan setelah lebih dari 18 bulan ditutup.

Media ini juga menulis tetang maskapai internasional yang diizinkan masuk berasal dari China, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

New York Times juga menyebut bahwa Bali merupakan tujuan wisata terpenting di Indonesia. Menutup Bali untuk turis asing telah menghancurkan industri pariwisata dan menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan pekerjaan.

Turis asing dilarang masuk Indonesia sejak April tahun lalu dan penerbangan internasional hanya diizinkan mendarat di Jakarta dan kota Manado di Sulawesi.

NY Times juga menyebut mengenai Indonesia sebagai negara Asia Tenggara paling terpukul oleh Covid, dengan hampir 143.000 kematian dan puncaknya hampir 57.000 kasus harian pada Juli.

Menteri Pariwisata Indonesia Sandiaga Uno mengatakan, pembukaan kembali bandara Bali untuk penerbangan luar negeri berfungsi sebagai percobaan pembukaan Bali bagi wisatawan asing.

Namun, Sandi tidak memberikan jadwal kepulangan mereka. Wisatawan domestik sudah diperbolehkan mengunjungi Bali.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x