Kompas TV regional berita daerah

Kemunculan Beruang Madu di Perkebunan dan Permukiman Warga

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 15:06 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Warga Desa Mulang Maya, Kota Bumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara digegerkan dengan adanya beruang madu yang kerap menampakkan diri tak jauh dari permukiman.

Menurut penuturan warga, Kusnadi, beruang madu tersebut sering menampakkan diri dan merusak tanaman warga.

Baca Juga: Penyelundupan 2400 Ekor Burung Ilegal Berhasil Digagalkan

Namun, ia juga menyebut hingga kini belum ada catatan warga yang diserang oleh beruang madu yang diperkirakan memiliki tinggi satu meter itu.

“Dia (beruang madu) keliling-keliling, tapi yang parahnya itu merusak tanaman, seperti pohon kelapa, palem di depan rumah,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Mulang Maya, Alwan mengatakan beruang madu yang masuk ke perkebunan dan permukiman warga ini diketahui lebih dari satu.

“Ini diperkirakan lebih dari satu, ya. Karena berdasarkan laporan warga di beberapa desa berbeda terdapat kemunculan beruang madu ini,” ujar Alwan.

Baca Juga: Polisi Gagalkan Penjualan Kulit Harimau Sumatera

Keberadaan beruang madu yang diduga untuk mencari makan ini, dikhawatirkan oleh warga akan menyerang dan merusak tanaman.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi hal tersebut, Pihak Aparat Desa dan Kecamatan Kotabumi Selatan, kini tengah mencari jalan keluar upaya penangkapan beruang tersebut dan menjauhinya dari lokasi permukiman warga.

#beruangmadu #permukiman #satwaliar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x