Kompas TV internasional kompas dunia

Utusan Khusus Inggris Datang ke Kabul Afghanistan dan Berbicara dengan Abdul Ghani Baradar

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 00:30 WIB
utusan-khusus-inggris-datang-ke-kabul-afghanistan-dan-berbicara-dengan-abdul-ghani-baradar
Simon Gass, utusan khusus Inggris untuk Afghanistan, bertemu wakil perdana menteri Abdul Ghani Baradar dan Abdul Salam Hanafi di Kabul, 5 Oktober 2021 (Sumber: Abdul Qahar Balkhi/Twitter)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KABUL, KOMPAS.TV - Seorang utusan tingkat tinggi Inggris datang ke Afghanistan dan mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Taliban di Kabul pada Selasa (05/10/2021). Ini merupakan kunjungan yang pertama sejak pasukan asing dievakuasi dari Afghanistan, ditengah upaya Taliban mencari jalan keluar dari isolasi internasional, seperti dilansir France24, Selasa.

Taliban mendeklarasikan diri sebagai penguasa baru Afghanistan setelah menguasai ibu kota Kabul bulan Agustus dan menggulingkan pemerintah yang didukung Amerika Serikat.

Tetapi setelah 20 tahun perang, negara yang bergantung pada bantuan internasional itu menghadapi keruntuhan ekonomi, dimana negara penyumbang utama menghentikan pendanaan sementara tidak ada dukungan darurat.

Para penguasa baru Afghanistan merayu kekuatan asing dalam upaya untuk memulai kembali arus kas ke negara itu, di mana pegawai negeri dan petugas kesehatan sudah berbulan-bulan tidak menerima gaji.

Pejabat Taliban mencuitkan foto pertemuan Simon Gass, utusan khusus Inggris untuk Afghanistan, dan Wakil Perdana Menteri Abdul Ghani Baradar dan Abdul Salam Hanafi.

Kedua belah pihak membahas bagaimana Inggris dapat membantu Afghanistan memerangi terorisme dan krisis kemanusiaan yang semakin dalam, serta memberikan jalan yang aman bagi mereka yang ingin meninggalkan negara itu, kata seorang juru bicara pemerintah Inggris.

"Mereka juga mengangkat perlakuan terhadap minoritas dan hak-hak perempuan dan anak perempuan," tambah juru bicara itu, dengan mengatakan Gass bergabung dengan Martin Longden, kuasa usaha Inggris untuk Afghanistan yang sekarang belum kembali berkantor di Kabul. 

Taliban terkenal karena pemerintahannya yang brutal dan menindas dari tahun 1996 hingga 2001, secara efektif mengecualikan perempuan dan anak perempuan dari pendidikan dan pekerjaan di seluruh negeri.

Abdul Qahar Balkhi, juru bicara kementerian luar negeri Taliban mengatakan pertemuan itu "berfokus pada diskusi rinci untuk menghidupkan kembali hubungan diplomatik antara kedua negara".

Baca Juga: Taliban Umumkan Pejabat Baru, Lagi-Lagi Tak Melibatkan Perempuan

Sejumlah siswi sekolah dasar Afghanistan berbaris sebelum memasuki kelas. Taliban kini memperbolehkan siswi sekolah dasar kembali ke sekolah (Sumber: Antara via Reuters)


Sumber : Kompas TV/Straits Times via AFP


BERITA LAINNYA



Close Ads x