Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Umumkan Pejabat Baru, Lagi-Lagi Tak Melibatkan Perempuan

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 05:21 WIB
taliban-umumkan-pejabat-baru-lagi-lagi-tak-melibatkan-perempuan
Anggota kelompok Taliban berdiri di depan mural yang menggambarkan perempuan terkekang di balik kawat berduri, Selasa, 21 September 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV – Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengumumkan 38 pejabat baru Afghanistan, yang lagi-lagi tidak melibatkan perempuan, Senin (4/10/2021).

Para pejabat baru terdiri dari anggota Taliban, dan sangat sedikit yang merupakan perwakilan dari kelompok minoritas.

Seperti dikutip dari The Associated Press, beberapa pejabat baru yang diumumkan adalah Wakil Perdana Menteri Bidang Politik, wakil menteri, dan wakil ketua Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan.

Sebagian besar posisi terdiri dari komandan dan wakil tentara dari seluruh provinsi Afghanistan seperti Kabul, Helmand, Herat dan Kandahar.

Penunjukan pejabat yang semuanya laki-laki ini mengindikasikan bahwa Taliban tidak mengindahkan seruan masyarakat internasional agar mereka memberi pengakuan pada hak-hak perempuan.

Namun di sisi lain, Taliban mencari dukungan internasional karena mereka bergulat dengan tantangan ekonomi. 

Baca Juga: Qatar Kecewa dengan Taliban, Sebut Pendidikan Perempuan di Afghanistan Alami Kemunduran

Perekonomian mereka yang sebagian besar bergantung pada donor internasional, kini di ambang krisis. Bantuan asing sebelumnya menyumbang hampir 75% dari pengeluaran publik Afghanistan.

Namun kini, Amerika Serikat (AS) membekukan miliaran dolar aset Bank Sentral Afghanistan yang disimpan di AS. Tanpa dana itu, Taliban tidak dapat membayar gaji sektor publik.

Sebelumnya, pekerja perempuan Afghanistan, khususnya pekerja kesehatan, guru dan para pembela hak perempuan, mendesak masyarakat internasional untuk melanjutkan bantuan keuangan kepada Afghanistan, Selasa (28/9). 

Mereka mengatakan, penghentian bantuan kepada Afghanistan telah berdampak tidak proporsional terhadap perempuan.

Aqela Noori, seorang guru, mengatakan pada konferensi pers di Kabul, bahwa 120.000 pendidik perempuan dan hampir 14.000 petugas kesehatan perempuan belum mendapatkan pembayaran gaji selama dua sampai tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Utusan Khusus AS Ungkap Negosiasi dengan Taliban dan Afghanistan sebelum Kejatuhan Kabul

“Kami menyerukan kepada masyarakat internasional, Bank Dunia dan badan-badan kemanusiaan internasional untuk tidak menghentikan bantuan kemanusiaan mereka kepada Afghanistan. Jangan tinggalkan Afghanistan sendirian di masa sulit ini,” katanya.

Sejak Taliban menyerbu Kabul pada 15 Agustus dan menguasai negara itu, dunia terus memperhatikan apakah Taliban akan memberlakukan kembali aturan keras yang mereka jalankan seperti pada akhir tahun 1990-an, termasuk apakah Taliban akan menghargai hak-hak perempuan.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x