Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Pranowo Berkunjung ke Kampung Yoka, Ajak Kerja Sama Desa Kembar

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 09:38 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kesempatan berada di Papua dimanfaatkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi sejumlah tempat, salah satunya adalah Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura. Ganjar menawarkan kerjasama Desa Kembar, yakni antara desa-desa di Jawa Tengah dengan desa-desa di Papua, khususnya Yoka.

Kesempatan mendampingi atlet Jawa Tengah pada PON ke-20 di Papua, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sekaligus berkunjung ke Kampung Paradaban Papua, Kampung Yoka. Di kampung inilah ada sekolah dasar pertama yang didirikan oleh Belanda di Papua.

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini mendapat sambutan hangat dari kepala adat, kepala kampung, masyarakat Yoka, serta keluarga alumni Universitas Gajahmada atau Kagama.

Selain pendidikan, Kampung Yoka juga memiliki potensi lain yang bisa dikembangkan. Untuk itu Ganjar menawarkan kerja sama antar desa-desa di Jawa Tengah dengan Papua, khususnya Kampung Yoka dengan sebutan Desa Kembar.

Baca Juga: Megawati Sapa Ganjar Pranowo dan Singgung Sanksi Kader PDIP

Ganjar melihat Papua memiliki banyak potensi, seperti bidang olahraga dan seni yang patut dikembangkan. Dengan kerjasama Desa Kembar diharapkan desa-desa di Jawa Tengah dan Papua bisa maju bersama.  

Tawaran Ganjar ini mendapat sambutan dari Kepala Kampung Yoka, Antonius Mebri yang mengaku senang dengan ajakan tersebut. Kerjasama tersebut dianggapnya sebagai pintu masuk agar desanya bisa semakin maju seperti desa-desa yang ada di Jawa Tengah.

Sementara itu, kunjungan Ganjar ke Papua pada 1 Oktober juga mengingatkan hari ulang tahun Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Ganjar menceritakan asal nama Iriana yang diambil dari nama Irian, yang kini menjadi Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x