Kompas TV entertainment film

5 Film yang Cocok Digunakan dalam Kampanye Antinarkoba

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 20:46 WIB
5-film-yang-cocok-digunakan-dalam-kampanye-antinarkoba
Adegan dalam film Requiem for a Dream. (Sumber: Movieclips/Youtube)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Narkoba adalah candu yang menghantui masyarakat. Kecanduan narkoba berbahaya dan dapat menimbulkan efek panjang.

Melansir Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 35 juta orang di seluruh dunia menderita akibat obat-obatan terlarang pada 2020. Penggunaan obat-obatan terlarang juga disebut bertanggung jawab atas 500.000 kematian per tahunnya.

Selain itu, terdapat sekitar 1,4 juta orang yang terkena HIV akibat penggunaan narkoba.

Baca Juga: Sosialisasikan Bahaya Narkoba di AAU, Ibu Negara Kaget Bertemu Taruna Bertinggi 190 Cm

Bahaya dapat disosialisasikan melalui bermacam program. Berita dan dokumenter pun dapat menjadi gambaran bahaya narkoba.

Selain itu, film juga dapat menggambarkan situasi kecanduan narkoba dengan baik. Cerita film dapat memuat penggambaran kuat tentang suramnya kehidupan pecandu narkoba.

Berikut lima rekomendasi film yang dapat menyadarkan Anda akan bahaya kecanduan narkoba dan cocok digunakan untuk kampanye anti-narkoba.

1. Trainspotting (1996)

Trainspotting merupakan film yang diangkat berdasarkan novel dengan judul sama. Film ini menceritakan sekelompok orang yang berkutat dengan kecanduan narkoba. Sejumlah ahli berpendapat bahwa penggambaran kehidupan pecandu narkoba dalam film ini cukup akurat.

Trainspotting mengisahkan tentang karakter Mark Renton yang kecanduan heroin bersama sekelompok temannya. Meskipun memiliki elemen humor, kehidupan Renton yang diceritakan film ini juga penuh momen tragis dan gelap yang disebabkan kecanduan heroin.

2. Requiem for a Dream (2000)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x