Kompas TV olahraga kompas sport

Presiden Jokowi Bakal Buka PON XX Papua Sore Ini, DKI Jakarta Pimpin Perolehan Medali Sementara

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 07:55 WIB
presiden-jokowi-bakal-buka-pon-xx-papua-sore-ini-dki-jakarta-pimpin-perolehan-medali-sementara
Tangkapan layar saat Presiden Joko Widodo membeli noken di mama-mama penjual noken saat berkunjung ke Papua sebagai persiapan membuka PON XX Papua. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal membuka Pekan Olahraga (PON) XX Papua sore nanti Sabtu, 2 Oktober 2021, WIT. 

Hingga pagi ini, Kontingen DKI Jakarta memimpin perolehan medali sementara mengungguli tuan rumah Papua yang ada di tempat kedua.

Presiden Jokowi saat ini sudah berada di Bumi Cenderawasih sejak Jumat siang kemarin (1/10). Bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Jokowi didampingi sejumlah Menteri dan pejabat lainnya.

Seperti Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Baca Juga: Menko Muhadjir Yakin PON Papua Munculkan Banyak Calon Bintang Sepak Bola Nasional

Sesampainya di Papua, Jokowi sempat menghentikan perjalanan rombongan kepresidenan.
Ia keluar dari mobil lalu menghampiri lapak dagangan mama-mama Papua begitu sampai di Jalan Hawai Sentani, Jayapura.

Momen Presiden Jokowi melipir ke lapak pedagang noken di Sentani tersebut terekam dalam sebuah video dan diunggah ke kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam video itu, Jokowi tampak melihat-lihat sembari memegang beberapa noken yang merupakan tas asli khas Papua itu di salah satu lapak. Tak hanya melihat, Jokowi juga terlibat perbincangan dengan pemilik dagangan noken tersebut.

"Tas apa ini?" kata Jokowi dalam video yang diunggah di YouTube pada Jumat (1/10/2021).

Sang pemilik lapak bernama Paulina lantas menyambut Presiden Jokowi yang bertanya mengenai dagangannya dengan ramah.

Kepada Presiden Jokowi, Paulina menjelaskan bahwa barang yang dijualnya merupakan tas rajut asli masyarakat Papua yang terbuat dari kulit kayu.

"Ini tas terbuat dari kulit kayu," ujar Paulina kepada Jokowi.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x