Kompas TV nasional peristiwa

Polri Sebut Rencana Perekrutan 57 Eks Pegawai KPK Bukan Skenario Jebakan

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 13:51 WIB
polri-sebut-rencana-perekrutan-57-eks-pegawai-kpk-bukan-skenario-jebakan
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut perekrutan 57 mantan pegawai KPK menjadi ASN di Polri bukan skenario jebakan. (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menekankan bahwa Polri secara serius ingin merekrut 57 mantan pegawai KPK untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim. 

Bahkan Argo memastikan bahwa perekrutan Novel Baswedan dan kawan-kawan ini bukanlah sebuah jebakan.

“Di kepolisian ini tidak ada istilah jebakan. Coba kalau dilihat saat Bapak Kapolri menyampaikan konpers berkaitan dengan teman-teman KPK. Dengan mimik yang fresh, yang kemudian serius, dan tentunya ada kelihatan sekali bahwa Bapak Kapolri ini memberikan harapan kepada mereka," kata Argo dalam keterangan resminya, Jumat (1/10/2021). 

"Jadi ini bukan jebakan, Polri tidak ada jebakan. Tapi ini adalah suatu kebutuhan organisasi Polri yang harus kita manfaatkan, dari teman-teman pegawai KPK ini. Jadi ini niat," ujarnya. 

Argo juga menuturkan bahwa puluhan eks pegawai KPK yang diberhentikan melalui tes wawasan kebangsaan (TWK) ini memiliki rekam jejak dalam pemberantasan korupsi yang tidak perlu diragukan lagi. 

“Dan intinya bahwa polisi serius, karena dengan kebutuhan organisasi dan rekam jejak yang baik itu, ya Polri membutuhkan seperti ini,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Argo juga menyampaikan, pihaknya akan mengundang Novel Baswedan Cs terkait rekrutmen 57 eks pegawai KPK yang disampaikan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Siap Rekrut 57 Eks Pegawai KPK, Polri: Rekam Jejak Novel Baswedan Cs Berantas Korupsi Tak Diragukan

Pertemuan akan dijadwalkan usai Asisten SDM Kapolri, Irjen Wahyu selesai berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk merekrut mereka.

“Jadi langsung Bapak Kapolri ini menunjuk As SDM Kapolri untuk langsung komunikasi, koordinasi dengan BKN dengan PAN RB. Dan kemudian nanti setelah ini sudah selesai dilakukan, tentunya nanti akan mengundang teman-teman dari mantan pegawai KPK ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri menyatakan siap merekrut Novel Baswedan dkk yang tidak lulus TWK KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri.

Kapolri mengatakan dia sudah bersurat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merekrut 57 pegawai KPK tersebut. Kapolri pun mengatakan sudah mengantongi izin Jokowi.

Sementara itu, perlu diketahui, 57 pegawai KPK yang tak lulus TWK ini telah resmi dipecat pada Kamis (30/9/2021) kemarin. 

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Novel Baswedan dkk apakah menerima atau menolak tawaran tersebut. Mereka masih menunggu penjelasan lebih detail.

Baca Juga: Polri Bakal Rekrut Novel Baswedan Cs, Wakil Ketua KPK: 57 Pegawai Sudah Bebas, Tak Ada Hubungan Lagi
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x