Kompas TV nasional update

Kapolri Usulkan Kenaikan Pangkat untuk Polisi Korban Penembakan KKB di Kiwirok

Kompas.tv - 29 September 2021, 20:51 WIB
kapolri-usulkan-kenaikan-pangkat-untuk-polisi-korban-penembakan-kkb-di-kiwirok
Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menjenguk personelnya yang terluka tembak saat kontak senjata dengan KKB. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengusulkan kenaikan pangkat untuk anggota Polri yang menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dilansir Antara, usulan itu disampaikan Sigit saat menjenguk tiga anggota Polri yang menjadi korban penembakan KKB tersebut di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua, Rabu (29/9/2021).

Berdasarkan keterangan tertulis Divisi Humas Polri, ketiganya adalah Iptu Budi Basrah, Bharatu Yakob Tengkoe, dan Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw.

"Kamu pangkatnya apa?" tanya Sigit kepada Bharatu Yakob Tengkoe.

"Bharatu Jenderal," jawab Bharatu Yakob Tengkoe.

Kapolri mengusulkan agar pangkat Bharatu Yakob Tengkoe dinaikkan menjadi bharaka secepatnya. Hal tersebut diamini oleh pejabat Polda Papua yang hadir mendampingi.

Baca Juga: Komnas HAM Perwakilan Papua: Tindakan KKB Sudah Bercirikan Teroris

Dari keterangan pejabat Polda Papua, Sigit mendapatkan informasi bahwa sudah ada usulan kenaikan pangkat Bharatu Yakob Tengkoe.

Jenderal bintang empat tersebut juga mengatakan bahwa kunjungannya merupakan bentuk perhatian Polri terhadap personelnya yang menjalankan tugas di lapangan.

Sigit juga menanyakan kondisi salah satu anggota Polri yang baru selesai menjalani operasi pengangkatan proyektil peluru.

Dokter menjawab bahwa kondisi anggota Polri tersebut sudah membaik dan stabil usai menjalani operasi.

Kapolri juga meminta pada jajaran dokter yang merawat para pprajuritnya tersebut untuk terus memantau dan memberikan yang terbaik, serta mengapresiasi atas pengorbanan dan keberaniaan anggota Polri yang menjalankan tugas negara di Bumi Cendrawasih.

Baca Juga: Kapolri Akan Rekrut 56 Pegawai KPK Tak Lulus TWK, Anggota DPR Wanti-wanti soal Ini

"Tetap semangat! Terima kasih. Kamu sudah luar biasa. Kita bangga punya prajurit seperti kalian," kata Kapolri kepada anggota Polri yang sedang dirawat.

Selain mengusulkan kenaikan pangkat dan memberikan motivasi pada anggotanya, Kapolri juga menyerahkan bantuan kepada pihak keluarga anggota untuk meringankan beban keluarga.

Sigit juga meminta doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar anggota Polri yang tengah melaksanakan tugas di lapangan diberi perlindungan oleh Tuhan YME.

Sebelumnya diberitakan, dua anggota polisi terluka akibat terkena tembak saat anggota KKB menyerang pos keamanan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (28/9/2021).

Keduanya adalah Iptu Budi Basra dan Bharatu Yacob Tumboy.

Iptu Budi terluka di bagian dada, sementara Bharatu Yacob terserempet peluru di pelipis kanan.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x