Kompas TV video sinau

Kenapa Wajah Mengerut Saat Mengonsumsi Makanan Asam?

Kompas.tv - 28 September 2021, 19:38 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Saat kita mengonsumsi makanan yang asam, entah itu lemon atau makanan lainnya. Wajah kita akan mengerut dan memejaman mata.  Makanan yang  asam  membuat kita mengerutkan bagian wajah , menyipitkan mata dan menekan bibir.

Biasanya terjadi saat kita mengonsumsi lemon, cuka , atau buah yang belum matang.  Mengerut atau memejamkan mata adalah cara atau tanda pertahanan  tubuh mengatakan pada kita untuk hati-hati dengan makanan yang kita konsumsi.

Saat makanan itu menyentuh lidah , otak mendapatkan sinyal kalau kita sedang makan makanan yang asam. Lidah manusia memiliki banyak sensor pengecap yang bernama papila atau kuncup perasa.

sensor perasa ini membuat kita bisa merasakan rasa manis, asin, pahit, atau gurih. Setiap papilla ini memiliki puluhan sel pengecap yang terlihat, jika di pandang menggunakan mikroskop. Ketika makanan dicerna oleh ludah yang menyentuh pengecap makanan, akan memberikan informasi pada otak, tentang rasa yang kita makan.

Kita mengerutkan wajah, karena insting manusia mencegah kita memakan makanan yang asam. Hingga saat ini para ilmuwan juga belum tahu secara pasti. kenapa wajah mengerut saat mengonsumsi makanan asam. 

Baca Juga: Manfaat Air Lemon dan Jahe untuk Kesehatan, Sudah Coba?

https://www.kompas.tv/article/213636/manfaat-air-lemon-dan-jahe-untuk-kesehatan-sudah-coba 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x