Kompas TV regional berita daerah

Sampah Masker Berserakan Di TPA, Pemerintah Belum Turun Tangan

Kompas.tv - 27 September 2021, 19:40 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Tingginya pengunaan masker selama pandemi covid-19, membuat sampah masker di tempat pemprosesan ahir (TPA) Kaliabu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, berserakan tanpa pengelolaan yang jelas. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun berdalih tidak ada anggaran untuk mengelola sampah masker, meski keberadaan sampah masker tersebut membahayakan.

Sampah masker terlihat berserakan di TPA Kaliabu, Madiun, Jawa
Timur. Situasi pandemi covid-19 dan perubahan perilaku masyarakat yang diwajibkan dan sadar memakai masker, tak urung membuat sampah masker sekali pakai semakin bertambah setiap harinya.

Namun, tingginya penggunaan masker tersebut ternyata belum dibarengi dengan antisipasi pemerintah daerah tentang penyediaan tempat sampah khusus masker bekas pakai. Sehingga dikhawatirkan masker bekas pakai masyarakat yang tidak terkontrol akan menjadi sumber penularan penyakit bahkan memicu penyebaran virus covid-19.

Sejumlah  warga yang setiap hari memilah sampah di tempat pembuangan sampah Kaliabu, mengaku khawatir dengan keberdaan sampah  masker yang tidak dikelola secara baik.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, berdalih terkendala anggaran untuk pengelolaan sampah infeksius masker ini. Sehingga limbah masker di  TPA tidak dikelalola dengan baik.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun mencatat,  prosentase sampah infeksius berupa masker di Kabupaten Madiun telah mengalami peningkatan sekitar 3 persen selama masa pandemi covid-19.

#beritamadiun
#sampah
#limbahmasker
#masker
#sampahmasker

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x