Kompas TV regional berita daerah

Antusias Siswa Ikuti Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Kompas.tv - 27 September 2021, 14:52 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Sejumlah sekolah di Kota Bandar Lampung terapkan Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dijalankan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak dua bulan lalu.

Hal ini selaras dengan adanya peraturan yang tertuang pada Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti sebagai meningkatkan kesenian daerah dengan cara seniman mengajar kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, baik tingkat SD, SMP, hingga SMA atau SMK.

Baca Juga: Siswa PTM: Senang Bertemu Teman & Belajar Bisa Lebih Jelas

Seperti yang tampak pada aktivitas yang dilakukan oleh sejumlah siswa siswi SMPN 5 Bandar Lampung yang tengah memainkan alunan lagu serta alat musik khas Lampung yang dipadukan dengan alat musik modern ini.

Saat dijumpai, Elly Yanti selaku Kepala Sekolah SMPN 5 Bandar Lampung mengatakan bahwa program GSMS sudah berjalan selama dua bulan. Pada bulan pertama diadakan pemahaman teori secara daring. Kemudian, bulan kedua diadakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya persilakan saja untuk kegatan GSMS ini, asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan. Saya tekankan itu pada seniman dan juga asistennya,” ujarnya pada Tim Kompas Tv.

Baca Juga: Lima Kabupaten di Provinsi Lampung Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas

Program GSMS diharapkan dapat menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya dan memupuk jalinan kerja sama dan sinergi antara sekolah dengan seniman dalam dunia pendidikan.

#gsms #kesenian #prokes



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x