Kompas TV regional berita daerah

Siswa PTM: Senang Bertemu Teman & Belajar Bisa Lebih Jelas

Kompas.tv - 14 September 2021, 12:53 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Sejumlah sekolah tingkat SMA, SMK hingga SLB di Kota Bandar Lampung, sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas sejak Senin (13/9) kemarin.

Diketahui, terdapat 1.017 sekolah tingkat SMA, SMK, dan SLB di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta 914 sekolah di antaranya sudah mulai melakukan PTM secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini disambut gembira oleh siswa yang dapat kembali melakukan pembelajaran di sekolah, setelah lebih dari satu tahun pembelajaran harus dilakukan secara daring karena adanya pandemi Covid-19.  

Baca Juga: Eva Dwiana Tinjau Pelaksanan PTM Hari Pertama

Salah satu sekolah yang melakukan PTM, yakni SMA Negeri 2 Kota Bandar Lampung. Saat dijumpai, salah satu siswa bernama Dery Febriansyah mengaku senang, lantaran dapat bertemu kembali dengan teman di sekolah.

Ia juga mengatakan, bahwa pembelajaran tatap muka ini dinilai lebih efektif karena setiap pembahasan pembelajaranya lebih mudah dimengerti dibanding pembelajaran daring.

“Iya, yang pasti senang ketemu teman-teman. Juga, tatap muka lebih seru dan pembelajarannya lebih efektif,” ungkapnya.

Meskipun, PTM sudah mulai dilakukan di sejumlah sekolah. Namun, protokol kesehatan tetap menjadi syarat utama dalam pembelajaran yang dilakukan.

Beberapa upaya setiap sekolah guna mengantisipasi adanya penularan virus korona, di antaranya dengan melakukan vaksinasi, membatasi jumlah siswa dan waktu pembelajaran di dalam kelas, melakukan pengecekan kesehatan sebelum masuk ke lingkungan sekolah hingga membentuk tim satgas internal.

Sulpakar selaku Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lampung, menyampaikan bahwa untuk mendukung PTM agar terlaksana dengan baik, maka tiap-tiap sekolah dibentuk satgas dan diharuskan disiplin protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga: Jelang PTM, SMPN 33 Bandar Lampung Beri Penyekat di Tiap Meja Siswa

“Satgas ini terdiri dari dewan guru, tenaga kesehatan terdekat, dan turut melibatkan siswa yang mengambil ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) secara bergantian,” jelasnya.  

Pemberlakuan PTM di sejumlah sekolah di Provinsi Lampung sudah mulai dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini seiring dengan penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

#ptm #siswasenang #bandarlampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x