Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK Berhasil Merakit Komputer Canggih Netsom

Kompas.tv - 27 September 2021, 12:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Para siswa SMK Negeri 1 Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mampu merakit produk elektronik komputer yang menggabungkan monitor dengan pusat pengolahan data. Karya para siswa SMK ini diberi nama netsom alias negeri satu songgom.

Aktivitas para siswa jurusan teknik di SMK Negeri 1 Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhir-akhir ini banyak dihabiskan di laboratorium komputer. Para siswa bukan sedang praktik mata pelajaran, namun mereka sedang merakit komputer yang rencananya akan dipasarkan.

Para siswa SMK Negeri 1 Songgom ini berhasil merakit komputer dengan sistem all in one yakni sistem yang menggabungkan monitor dengan pusat pengolahan data atau central processing unit (CPU). Komputer buatan para siswa diberi nama netsom atau kepanjangan dari negeri satu songgom.

Komponen yang dirangkai menjadi komputer didapat berkat kerjasama pihak sekolah dengan sebuah perusahaan komponen komputer. Saat ini sudah ada empat komputer netsom yang berhasil dirakit dan difungsikan untuk keperluan sekolah serta untuk praktik para siswa.

"Untuk prosesnya kita buka terlebih dahulu motherboard, setelah dibuka bisa ada pemasangan hardisk, RAM, USB, dll. Setelah sudah terpasang semua, kemudian akan terkoneksi, setelah itu kita bisa memasang casing. Untuk sekolah kami sudah memproduksi empat," kata Yusfika Six Febria, pelajar SMK Negeri 1 Songgom.

Komputer netsom buatan siswa SMK Negeri 1 Songgom telah menggunakan core i3 dan core i5 dengan RAM 8 GB, jadi tidak cepat panas dan efisien daya listrik. Komputer netsom siap dijual dengan harga Rp 8.150.000 - Rp 9.500.000.

"Dari Jakarta, kemudian kita rakit di lab komputer TKJ di sekolah kami oleh siswa, setelah itu produksi, pemasaran, maintenance itu dilakukan di sekolah," tutur Djumiko, Kepala SMK Negeri 1 Songgom.

Sebagai bentuk dukungan, Dinas Pendidikan wilayah XI Provinsi Jawa Tengah akan membantu memasarkan netsom. Diharapkan produk siswa SMK Negeri 1 Songgom ini bisa bersaing dengan produk lain di pasaran.

#brebes #komputer #corei5



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x