Kompas TV internasional kompas dunia

Wow! Internet di 16 Distrik di India Diputus saat Ujian Guru, Diduga agar Tak ada yang Menyontek

Kompas.tv - 26 September 2021, 21:31 WIB
wow-internet-di-16-distrik-di-india-diputus-saat-ujian-guru-diduga-agar-tak-ada-yang-menyontek
Penyedia jasa internet dari kampung Cilimushideung, desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Gambar Ilustrasi) (Sumber: cottonbro/pexels)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAIPUR, KOMPAS.TV - Sebanyak 16 distrik di negara bagian Rajasthan, India, mematikan koneksi internet ketika ujian guru tengah berlangsung, Minggu (26/09/2021).

Ke-16 distrik yang memutuskan akses internet adalah Jaipur, Udaipur, Bhilwara, Alwar, Bikaner, Dausa, Chittorgarh, Barmer, Tonk, Ajmer, Nagaur, Sawai Madhopur, Kota, Bundi, Jhalawar, dan Sikar.

Baca Juga: Ini Daftar Aplikasi yang Tak Bisa Diakses Pakai Kuota Internet Kemendikbudristek

Alasan pemutusan koneksi internet yang diketahui selama 12 jam itu dilakukan agar para peserta guru tak ada yang menyontek. Selain koneksi internet, layanan SMS juga menjadi sasaran.

Ujian tersebut diikuti oleh guru-guru yang akan mengajar di sekolah negeri. Melansir World of Buzz, Rajasthan Eligibility Examination for Teachers (REET) merupakan ujian yang sangat kompetitif di India.

Sebanyak 31.000 pos sekolah negeri akan diperebutkan oleh lebih dari 1,6 juta peserta melalui ujian itu.

Baca Juga: Apa Itu Badai Matahari yang Bisa Picu Kiamat Internet di Bumi

Terdapat sekitar 3.993 pusat ujian yang menggelar tes REET yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Menengah Rajashtan itu pada Minggu (26/9).

Dalam melaksanakan ujian tersebut, pemerintah negara bagian Rajashtan juga membuat beberapa peraturan yang ketat guna mencegah laju penyebaran Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x