Kompas TV internasional kompas dunia

Pilih Nikahi Rakyat Jelata, Putri Mako dari Jepang Resmi Tolak Dana Negara Senilai Rp19 M

Sabtu, 25 September 2021 | 22:52 WIB
pilih-nikahi-rakyat-jelata-putri-mako-dari-jepang-resmi-tolak-dana-negara-senilai-rp19-m
Putri Mako, cucu kaisar Jepang Akihito, bertunangan dengan kekasihnya yang rakyat jelata, Kei Komuro sejak tahun 2017. Mereka akan mengumumkan pernikahan bulan Oktober nanti (Sumber: Straits Times via AFP)

TOKYO, KOMPAS.TV - Putri Mako, cucu Kaisar Akihito Jepang dilaporkan resmi menolak menerima 1,3 juta dolar AS karena menyerahkan status kerajaannya untuk menikahi teman sekelasnya di perguruan tinggi, kata media pada Sabtu (25/09/2021). Penolakan Putri Mako ini membuka jalan bagi pernikahan yang tertunda oleh kontroversi selama bertahun-tahun tentang tunangannya.

Cucu perempuan Kaisar Emeritus Akihito yang berusia 29 tahun dan mantan teman sekelasnya di kampus, Kei Komuro, mengumumkan pertunangan tahun 2017.

Tapi pernikahan itu ditunda setelah laporan perselisihan keuangan antara ibu Komuro dan mantan tunangannya.

Seperti dilansir Straits Times, Sabtu (25/9/2021), pemerintah akan menyetujui bahwa sang putri tidak akan menerima uang senilai hingga 150 juta yen atau setara Rp19,2 miliar. Ini merupakan salah satu konsekuensi seorang bangsawan Jepang yang menyerahkan status kebangsawanan mereka untuk menikahi rakyat jelata, di tengah kritik publik atas tunangannya, kata media Jepang NHK.

NHK mengatakan, tanggal pernikahan akan diumumkan bulan Oktober.

Pejabat Badan Rumah Tangga Kekaisaran dilaporkan belum menanggapi permintaan pernyataan dari media.

Seorang penyiar Jepang, mengantisipasi pernikahan yang akan segera terjadi, baru-baru ini melacak tunangan Putri Mako, yaitu Kei Komuro di New York. Dia diperlihatkan memakai kuncir kuda, detail yang menyebabkan kegemparan di antara beberapa pengguna Twitter Jepang.

Media mengatakan pasangan itu berencana untuk tinggal di Amerika Serikat.

Baca Juga: Dua Saudari Jepang Berusia 107 Tahun Ini Dinobatkan sebagai Kembar Tertua di Dunia

Kaisar Jepang Naruhito saat berulang tahun ke-61. Putri Mako adalah keponakan Kaisar Naruhito dan cucu tertua Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Emerita Michiko. (Sumber: AFP via Kompas.com)

Di bawah hukum suksesi kerajaan khusus laki-laki Jepang, anggota perempuan dari keluarga kekaisaran akan kehilangan status kebangsawanan mereka karena menikahi rakyat jelata.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19