Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Saudari Jepang Berusia 107 Tahun Ini Dinobatkan sebagai Kembar Tertua di Dunia

Rabu, 22 September 2021 | 02:05 WIB
dua-saudari-jepang-berusia-107-tahun-ini-dinobatkan-sebagai-kembar-tertua-di-dunia
Umeno Sumiyama (kiri) dan Koume Kodama (kanan) saat menerima sertifikat penobatan mereka sebagai kembar identik tertua di dunia dari Rekor Dunia Guinness yang dikirimkan ke tempat tinggal mereka di Jepang beberapa waktu lalu. (Sumber: Guinness World Records via AP)

TOKYO, KOMPAS.TV – Di usia 107 tahun, dua saudari kembar Jepang ini dinobatkan sebagai kembar identik tertua di dunia oleh Rekor Dunia Guinness. Penobatan itu diumumkan pada Senin (20/9/2021), bertepatan dengan Hari Penghormatan bagi Orang Tua, yang menjadi hari libur nasional di Jepang.

Melansir Associated Press pada Selasa (21/9/2021), Umeno Sumiyama dan Koume Kodama lahir sebagai anak ke-3 dan ke-4 dari 11 bersaudara di Pulau Shodoshima di barat Jepang pada 5 November 1913.

Selepas sekolah dasar, keduanya terpisah saat Kodama dikirim untuk bekerja sebagai pembantu di Oita di Pulau Kyushu di selatan Jepang. Kodama kemudian menikah di sana, sementara Sumiyama tetap tinggal di Shodoshima hingga ia menikah dan beranak-pinak.

Baca Juga: Ibu Positif Covid-19 Lahirkan Bayi Kembar Tiga di China, Ketiga Bayi Negatif Covid-19

Sibuk dengan kehidupan mereka selama berpuluh-puluh tahun, keduanya jarang bertemu hingga mereka berusia 70 tahun. Saat itu, mereka mulai berziarah bersama ke beberapa dari 88 kuil Shikoku.

Keduanya merasa bahagia bisa saling terhubung kembali. Kodama dan Sumiyama mengenang, mereka sama-sama pernah melalui perundungan akibat prasangka terhadap anak-anak kembar di Jepang.

Pada 1 September lalu, Sumiyama dan Kodama berusia 107 tahun lebih 300 hari. Menurut Rekor Dunia Guinness, usia mereka memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh kembar perempuan Kin Narita dan Gin Kanie yang berusia 107 tahun lebih 175 hari.

Keluarga Sumiyama dan Kodama mengatakan pada Guinness bahwa kedua perempuan tua kembar itu kerap bercanda bahwa mereka akan melampaui usia pemegang rekor sebelumnya, yang mereka juluki dengan panggilan kesayangan ‘Kin-san dan Gin-san’. Pada akhir 1990an, Kin-san dan Gin-san amat terkenal berkat usia tua dan humor mereka.

Baca Juga: Ibu yang Lahirkan 9 Bayi Kembar Akui Kelelahan, Setiap Hari Siapkan 100 Popok dan 6 Liter Susu

Karena pembatasan pandemi Covid-19, sertifikat penobatan Sumiyama dan Kodama dikirimkan secara terpisah ke tempat tinggal mereka masing-masing. Sumiyama menerima sertifikat penobatannya dengan mata berkaca penuh bahagia.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19