Kompas TV otomotif tips & trick

Tabrak atau Hindari? Berikut Keputusan yang Mesti Diambil saat Ada Hewan Menyebrang Jalan Tol

Kompas.tv - 25 September 2021, 10:51 WIB
tabrak-atau-hindari-berikut-keputusan-yang-mesti-diambil-saat-ada-hewan-menyebrang-jalan-tol
Tangkapan layar dari video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, dan memperlihatkan kucing melintas di jalan tol. (Sumber: Instagram/dashcam_owners_indonesia)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu momok yang pasti membuat pengemudi mobil waswas saat berkendara adalah munculnya hewan di tengah jalan secara tiba-tiba, terutama jika terjadi di jalan tol.

Terkejut? Iya-lah.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana, tak sedikit pengemudi refleks menghindar ketika ada binatang melintas di depannya, entah apapun itu jenisnya.

Meski begitu, Sony menambahkan, jika hewan yang melintas termasuk yang berukuran kecil seperti anjing atau kucing maka tak apa-apa untuk ditabrak karena terpaksa.

"Karena menghindar justru bisa membuat kondisi kendaraan hilang kendali, dan (menabrak hewan itu akan) mengurangi risiko lebih fatal," kata Sony, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Viral Puluhan Kendaraan Tak Kuat Menanjak dan Jatuh Bergelimpangan di Tanjakan Cinomati

Namun, Sony mengingatkan, keputusan tersebut harus dibarengi dengan pengurangan manuver dan pastikan posisi hewannya ada di kolong mobil bukan dilindas ban.

"Gagalnya antisipasi menghindar akibat kecepatan kendaraan terlalu tinggi sering terjadi akibat pengemudi kurang berhitung," ungkap Sony.

"Banyak yang tidak memikirkan hal terburuk adanya objek yang ada di jalan raya, berbeda cerita kalau kecepatannya rendah, antisipasi bisa terkontrol," sambungnya.

Di samping itu, terdapat mitos yang mengatakan bahwa seseorang akan mendapat celaka setelah menabrak atau melindas kucing di jalan.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x