Kompas TV regional budaya

Wayang Kreasul Buatan Sapto Raharjo Hiasi Panggung Konser Yogyakarta Gamelan Festival ke-26

Jumat, 24 September 2021 | 18:58 WIB
wayang-kreasul-buatan-sapto-raharjo-hiasi-panggung-konser-yogyakarta-gamelan-festival-ke-26
Perhelatan yang digelar live streaming via www.YGFlive.com ini memajang deretan wayang kontemporer sebagai latar panggung. Wayang-wayang itu bernama wayang Kreasul. (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ada yang berbeda dari tampilan konser gamelan dalam Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-26 kali ini. Perhelatan yang digelar live streaming via www.YGFlive.com ini memajang deretan wayang kontemporer sebagai latar panggung.

Wayang-wayang itu bernama wayang Kreasul. Wayang kontemporer dibuat oleh penggagas YGF, Sapto Raharjo, pada 1975.

Kekhasan wayang ini terletak pada namanya yang unik, seperti Gatotkaca Kribo, Arjuna Baju Loreng Gawa Pistol, Buto Rewog, dan sebagainya. Tidak hanya itu, wayang-wayang Kreasul buatan Sapto Rahardjo ini memiliki warna neon yang mencolok.

Baca Juga: Bakal Ada Konser Gamelan Berpadu dengan Robot di Yogyakarta Gamelan Festival ke-26, Catat Tanggalnya

Sapto Raharjo pernah mementaskan wayang-wayang kreasul, antara lain di Shopping Center Sasana Triguna pada 1975, halaman SMAN 3 pada 1976 dan 1977, serta Purna Budaya pada 1979. Semasa hidupnya, Sapto Raharjo memainkan wayang-wayang buatannya diiringi dengan gending ketawang subakastawa slendro pathet sanga. Lirik-liriknya dikarang oleh Sapto Rahardjo.

Wayang-wayang ini sesekali ikut dimainkan ketika konser gamelan berlangsung. Pergelaran YGF ke-26 ini disaksikan secara daring via www.YGFlive.com dengan jumlah penonton mencapai ratusan pada konser hari pertama.

Penonton yang menyaksikan YGF pada hari pertama ini tidak hanya berasal dari berbagai daerah di tanah air, seperti, Palangkaraya, Makassar, Bandar Lampung, dan daerah-daerah di Jawa, melainkan juga luar negeri. Tercatat, penonton dari New York, Sydney, Jerman, Prancis, India, Bangladesh, Kuala Lumpur, Singapura, dan sebagainya ikut menonton YGF ke-26 via daring.

“YGF selalu berusaha hadir dalam kondisi apa pun sejak 1995, biasanya Komunitas Gayam16 menghadirkan YGF secara langsung, akan tetapi pandemi Covid-19 membuat kegiatan ini harus digelar secara daring atau online,” ujar Program Director YGF Ishari Sahida atau Ari Wulu.

Baca Juga: Gamelan Masuk Nominasi Warisan Budaya Unesco 2021, Tempe Juga akan Diajukan

Konser gamelan yang digelar selama empat hari penyelenggaraan YGF ke-26, 23 sampai 26 September 2021 mulai pukul 18.00 sampai 21.00 WIB, bukan hanya menampilkan konser karawitan tradisional, melainkan juga pertunjukan musik gamelan yang bersifat modern dan kontemporer. Partisipan tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga India dan Prancis.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19