Kompas TV regional budaya

Bakal Ada Konser Gamelan Berpadu dengan Robot di Yogyakarta Gamelan Festival ke-26, Catat Tanggalnya

Kompas.tv - 22 September 2021, 12:53 WIB
bakal-ada-konser-gamelan-berpadu-dengan-robot-di-yogyakarta-gamelan-festival-ke-26-catat-tanggalnya
Ilustrasi gamelan dan tempe diusulkan sebagai warisan budaya dunia takbenda ke Unesco (Sumber: KBRI Canberra & SHUTTERSTOCK/ARIF RELANO OBA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Yogyakarta Gamelan Festival ke-26 kembali diadakan pada 23 sampai 26 September 2021. Serupa dengan YGF ke-25, perhelatan gamelan tahunan internasional kali ini juga diadakan secara daring melalui www.YGFlive.com.

Meskipun demikian, YGF ke-26 yang bertajuk Gamelan Hari Ini semakin menunjukkan eksistensinya bertahan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang paling kentara adalah konser gamelan yang berkolaborasi dengan perusahaan pengembang game Yogyakarta, Arutala.

Arutala hadir dalam workshop internal yang menjadi rangkaian YGF ke-26.  Workshop ini mempelajari teknik memainkan instrumen gamelan atau komposisi yang dipadukan dengan virtual reality yang berbentuk robot. Hasil dari workshop ini akan ditampilkan dalam penutupan konser YGF ke-26 pada Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Gamelan Masuk Nominasi Warisan Budaya Unesco 2021, Tempe Juga akan Diajukan

Konser gamelan yang digelar selama empat hari penyelenggaraan YGF ke-26 bukan hanya menampilkan konser karawitan tradisional, melainkan juga pertunjukan musik gamelan yang bersifat modern dan kontemporer. Seniman yang berpartisipasi tidak hanya dari Indonesia, melainkan juga India dan Prancis.

“Sebagai bagian dari kebudayaan dunia, gamelan telah membuktikan keberadaannya bertahan di masa pandemi melalui pergerakan budaya bernama Yogyakarta Gamelan Festival,” ujar Program Director YGF Ishari Sahida, dalam jumpa pers YGF ke-26, Selasa (21/9/2021).

Sekalipun sama-sama digelar secara daring, YGF ke-26 kali ini hadir dengan semangat yang berbeda. Menurut Ari Wulu, sapaan akrabnya, YGF tidak hanya mengajak musisi gamelan di dunia untuk mengapresiasi musik gamelan, tetapi juga mengawinkan gamelan dengan teknologi masa kini.

YGF ke-26 yang diikuti komposer, musisi, dan pencinta gamelan ini diselenggarakan Komunitas Gayam16 dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta didukung Balai Pelestarian Nilai Budaya DIY.  Seluruh rangkaian kegiatan YGF ke-26 juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Perajin Gamelan Bertahan di Tengah Pandemi

Konser gamelan bisa disaksikan selama pelaksanaan YGF ke-26 mulai pukul 18.00 sampai 21.00 WIB. Sementara, rangkaian acara lain berupa rembug budaya yang menawarkan diskusi tentang gamelan dan perkembangannya yang disiarkan secara hybrid atau bauran daring melalui YGFlive.com. Rembug budaya akan digelar pada Sabtu, 25 September 2021 pukul 10.00 sampai 15.00 WIB. Program ini menghadirkan tamu dan narasumber secara terbatas di KJ Hotel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x