Kompas TV regional berita daerah

Ramai-Ramai Perupa Yogyakarta Bakal Melukis On The Spot dalam Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika

Jumat, 24 September 2021 | 17:47 WIB
ramai-ramai-perupa-yogyakarta-bakal-melukis-on-the-spot-dalam-vaksinasi-bhinneka-tunggal-ika
Ribuan mahasiswa dari luar DIY mengikuti kegiatan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia di Sasono Hinggil Keraton Yogyakarta, Senin (30/8/2021). (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sepuluh perupa terkemuka di Yogyakarta akan menyemarakkan kegiatan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika yang diadakan Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) pada Senin (27/9/2021) pukul 09.00 WIB. Para perupa itu akan berkolaborasi dengan mengadakan kegiatan melukis di tempat atau live painting on the spot di Sasono Hinggil Keraton Yogyakarta.

Sejumlah perupa terkemuka Yogyakarta yang akan berpartisipasi adalah Nasirun, Putu Sutawijaya, Budi Ubrux, Bambang Herras, Dewa Mustika, Astuti Kusumo, Bayu Wardhana, Made Toris Mahendra, Hari Budiono, dan Sidik Marto Wijoyo. Tidak hanya itu, Sultan HB X, GKR Hemas, dan kelima putrinya juga akan menorehkan cat di kanvas untuk diteruskan oleh perupa.

Menurut kurator live painting on the spot Kuss Indarto, Yogyakarta yang selama ini menyandang predikat sebagai ibu kota seni rupa Indonesia mendapat tantangan tersendiri untuk tetap eksis di tengah berbagai kesulitan sebagai akibat dari dampak pandemi Covid-19. Ada tiga hal mendasar yang membuat perupa di Yogyakarta terlibat dalam kegiatan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: 10 Perupa Yogyakarta Ngabuburit dengan Melukis On The Spot

“Pertama adalah bentuk tanggung jawab kolektif lintas kalangan untuk ikut segera mewujudkan tercapainya target herd immunity,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (24/9/2021).

Kedua, partisipasi kalangan perupa turut memperkuat semangat kebangsaan yang berbasis pada keberagaman sebagaimana tema Bhinneka Tunggal Ika yang dilekatkan pada gerakan vaksinasi massal. Ketiga, sebagai terobosan membuka ruang kreativitas dan produktivitas yang diharapkan jika karya seniman ini nanti direspons baik oleh masyarakat ibarat suplai oksigen bagi kalangan perupa.

Karya 10 perupa ini akan dilelang secara terbuka pada 7 Oktober 2021 di Bale Raos Keraton Yogyakarta. Acara lelang lukisan sekaligus memperingati momentum hijrahnya pendiri Kesultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono l dari Pesanggrahan Ambarketawang ke Keraton Yogyakarta pada 7 Oktober 1756.

Perupa Putu Sutawijaya merasa terhormat mendapat undangan di acara ini. Ia ingin memberi kesaksian lewat karyanya bahwa para seniman harus tetap kuat, tangguh dan optimistis menghadapi masa depan meski sedang dilanda situasi pandemi yang memprihatinkan.

Sementara, pembina GKR Indonesia GKR Hemas menyambut baik keterlibatan perupa turut menyemarakkan vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika. Kolaborasi perupa dalam momentum percepatan vaksin merupakan bentuk keistimewaan masyarakat DIY yang kental dengan jiwa kegotong-royongan.

Baca Juga: Ragam Cara Perupa Yogyakarta Merespons Vaksin dalam Pameran di Miracle Prints

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Oknum Guru Bantah Berbuat Cabul

Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:50 WIB
Berita Daerah

Harga Cabai Rawit Merangkak Naik

Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:50 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19