Kompas TV regional budaya

10 Perupa Yogyakarta Ngabuburit dengan Melukis On The Spot

Senin, 19 April 2021 | 18:12 WIB
10-perupa-yogyakarta-ngabuburit-dengan-melukis-on-the-spot
Perupa di Yogyakarta mengisi waktu ngabuburit dengan melukis bersama on the spot dalam acara Memotret Yogyakarta Kini. (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ragam cara mengisi waktu ngabuburit. Salah satunya seperti yang dilakukan 10 perupa di Yogyakarta ini. Mereka mengisi waktu menunggu berbuka puasa bersama dengan melukis secara on the spot.

Lewat acara bertajuk Memotret Yogyakarta Kini, Januri, Bambang Heras, Tjokorda, Wilman S, Sadikin, Rismanto, Suharmanto, Laksmi, Dyan Anggraini, dan Hadi Soesanto, menuangkan keahlian mereka menangkap cepat objek beserta karakter dan kedalamannya di atas kanvas.

Melukis bersama itu diadakan di halaman Gedung DPD PDI Perjuangan DIY, Sabtu (17/4/2021).

“Yogyakarta sebagai kota budaya kaya akan seni dan keunikan karakter masyarakat, realita itu yang coba ditangkap para pelukis ini,” ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Totok Hedi Santosa, dalam siaran persnya.

Baca Juga: Ragam Cara Perupa Yogyakarta Merespons Vaksin dalam Pameran di Miracle Prints

Keterbukaan Yogyakarta terhadap berbagai lapisan masyarakat bisa terlihat di banyak simpang empat kota. Kehadiran manusia silver atau performing art dari orang yang melumuri tubuhnya dengan cat perak dan berdiri mematung selama traffic light berwarna merah menjadi salah satu contohnya.

Belum lagi hiburan badut berkostum yang berjoget dengan iringan musik dangdut populer atau grup musik angklung dan perkusi yang menghibur pegendara setiap kali lampu traffic light berwarna merah.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:40
HARGA EMAS BATANGAN ANTAM PADA HARI INI BERADA DIANGKA RP 978.000 PER GRAM   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) TAK DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PEMBERHENTIAN PEGAWAI KPK    DALAM GUGATANNYA, RJ LINO JUGA MEMINTA AGAR DIRINYA DIKELUARKAN DARI RUTAN NEGARA KELAS I C CABANG KPK   RJ LINO GUGAT KPK UNTUK MENGANULIR STATUSNYA SEBAGAI TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT PELINDO II PADA 2010   HARI INI, SIDANG GUGATAN PRAPERADILAN YANG DIAJUKAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO DIGELAR DI PN JAKARTA SELATAN    DINKES: KASUS AKTIF COVID-19 DI DEPOK BERJUMLAH 1.011 PASIEN YANG MASIH JALANI ISOLASI MANDIRI DAN PERAWATAN   HINGGA 17 MEI 2021, PEMKAB BEKASI MENCATAT 11 KASUS BARU COVID-19 DAN 41 PASIEN DILAPORKAN SEMBUH   GUEBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT PIHAKNYA HANYA PERKETAT PENGAWASAN PENDATANG YANG MASUK JAKARTA USAI LIBUR LEBARAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TEGASKAN PEMPROV DKI TAK PERNAH LARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA   PER 17 MEI 2021, DINKES DKI TELAH MENYIAPKAN 6.633 TEMPAT TIDUR ISOLASI DAN 1.007 FASILITAS ICU UNTUK PASIEN COVID-19   KADINKES DKI WIDYASTUTI: PEMPROV DKI SUDAH BERSIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19 DARI KLASTER MUDIK LIBUR LEBARAN   DISHUB DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   KPC-PEN SEBUT BINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RUMAH SAKIT RUJUKAN PASIEN COVID-19 DI SUMATERA RELATIF TINGGI   KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH DI PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19