Kompas TV feature belantara

Lima Hewan Laut Usia Jutaan Tahun yang Masih Hidup Sampai Kini

Jumat, 24 September 2021 | 14:10 WIB
lima-hewan-laut-usia-jutaan-tahun-yang-masih-hidup-sampai-kini
Ubur-Ubur salah satu hewan laut tertua di dunia (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Makhluk penghuni laut berusia jutaan tahun, ternyata masih banyak yang eksis hingga sekarang.  

Makhkluk purba itu, bahkan ada yang masih berkeliaran di perairan Indonesia. 

Berdasarkan situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, kkp.go.id, ada lima makhluk laut yang masih bisa dilihat sampai sekarang.   

1.Kepiting Belangkas atau  disebut juga horses crab atau mini ini telah ada di bumi lebih dari 350 juta tahun lalu.

Sering juga disebut kepiting tapal kuda. Di Atlantik,  bisa terlihat di musim semi dan mencapai puncaknya pada bulan Mei dan Juni saat air pasang pada bulan purnama. 

Baca Juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Jumpa Pers Hasil Investigasi Kasus Paus Terdampar

'Fosil hidup' ini ditemukan di Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Pasifik, dan kepiting-kepiting itu menyelamatkan jutaan jiwa manusia. Selama ini darah belangkas digunakan untuk menguji apakah sebuah calon vaksin aman untuk dipakai.

2.Ikan Raja Laut yang punya nama latin Latimeria menadoensis telah hidup sejak 400 juta tahun lalu. Ikan ini sering ditemukan di perairan sulawesi utara. Tampang purbanya sangat kelihatan.

Ikan Raja Laut atau Coelacanth ini  merupakan jenis satwa yang dilindungi berdasarkan PP  No. 7 Tahun 1999. Tidak hanya perlindungan nasional, ikan Raja Laut ini juga dilindungi secara internasional, yakni masuk dalam Appendix I CITES. 

3.Nautilus, sering disebut fosil hidup. nautilus merupakan jenis moluska bercangkang yang masih berkerabat dengan cumi-cumian. Hewan unik ini telah ekses di bumi sejak 500 juta tahun lalu dan berkerabat dengan gurita. 

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19