Kompas TV regional berita daerah

Cegah Klaster PTM, Ratusan Siswa Jalani Tes Usap Antigen

Kompas.tv - 24 September 2021, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Tidak ingin siswa dan siswi yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi klaster penyebaran Covid-19, ratusan siswa di Kabupaten Kendal menjalani tes usap antigen. Hal tersebut menyikapi munculnya klaster Covid-19 saat pembelajaran tatap muka dilakukan disejumlah sekolah di Jawa Tengah.

Dua Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang menjadi sasaran dilakukannya tes usap antigen adalah SMK Negeri 1 Kendal dan MAN Kendal. Meski sebagian besar siswa sudah mendapat vaksin hingga dosis kedua namun siswa tetap antusias mengikuti tes usap antigen.

Usai mengikuti pembelajaran tatap muka, sedikitnya siswa menjalani tes usap antigen, yang digelar Dokkes Polres Kendal dan dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, untuk mendeteksi penularan Covid-19.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto yang memantau pelaksanaan tes usap antigen mengungkapkan, usia produktif seperti siswa sangat rentan menularkan virus dengan status Orang Tanpa Gejala atau OTG. Sehingga tindakan preventif ini diharapkan tidak muncul klaster pembelajaran tatap muka. Dan disiplin protokol kesehatan harus diterapkan di lingkungan sekolah dan di keluarga.

"Kami akan laksanakan beberapa sekolah kedepan, selain kegiatan vaksinasi sebelumnya kami iringi kegiatan swab antigen secara acak" ujar AKBP Yuniar Ariefianto, Kapolres Kendal.

Sementara Kepala MAN Kendal, Muh Asnawi mengatakan, tes usap antigen ini sebagai upaya dari pihak madrasah untuk menjaga kesehatan siswa dan siswi. Sebelumnya seribu lebih siswa sudah menjalani vaksinasi dan diharapkan bisa membentuk herd immunity setidaknya di lingkungan sekolah.

"Kita lihat anak-anak kita tidak ada yang takut,tidak ada yang tidak mau, semuanya ok. Ini kegiatan yang sangat penting, maka kami support" ujar Muh Asnawi, Kepala MAN Kendal.

Dari pelaksanaan tes usap antigen di MAN dan SMK Negeri 1 Kendal, seluruhnya menunjukan hasil negatif. Namun demikian pihak sekolah tetap diminta untuk waspada dan berhati-hati, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

#tesusap #pembelajarantatapmuka #kendal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x