Kompas TV regional berita daerah

Cegah Klaster PTM, Ratusan Siswa Jalani Tes Usap Antigen

Jumat, 24 September 2021 | 13:05 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Tidak ingin siswa dan siswi yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi klaster penyebaran Covid-19, ratusan siswa di Kabupaten Kendal menjalani tes usap antigen. Hal tersebut menyikapi munculnya klaster Covid-19 saat pembelajaran tatap muka dilakukan disejumlah sekolah di Jawa Tengah.

Dua Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang menjadi sasaran dilakukannya tes usap antigen adalah SMK Negeri 1 Kendal dan MAN Kendal. Meski sebagian besar siswa sudah mendapat vaksin hingga dosis kedua namun siswa tetap antusias mengikuti tes usap antigen.

Usai mengikuti pembelajaran tatap muka, sedikitnya siswa menjalani tes usap antigen, yang digelar Dokkes Polres Kendal dan dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, untuk mendeteksi penularan Covid-19.

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto yang memantau pelaksanaan tes usap antigen mengungkapkan, usia produktif seperti siswa sangat rentan menularkan virus dengan status Orang Tanpa Gejala atau OTG. Sehingga tindakan preventif ini diharapkan tidak muncul klaster pembelajaran tatap muka. Dan disiplin protokol kesehatan harus diterapkan di lingkungan sekolah dan di keluarga.

"Kami akan laksanakan beberapa sekolah kedepan, selain kegiatan vaksinasi sebelumnya kami iringi kegiatan swab antigen secara acak" ujar AKBP Yuniar Ariefianto, Kapolres Kendal.

Sementara Kepala MAN Kendal, Muh Asnawi mengatakan, tes usap antigen ini sebagai upaya dari pihak madrasah untuk menjaga kesehatan siswa dan siswi. Sebelumnya seribu lebih siswa sudah menjalani vaksinasi dan diharapkan bisa membentuk herd immunity setidaknya di lingkungan sekolah.

"Kita lihat anak-anak kita tidak ada yang takut,tidak ada yang tidak mau, semuanya ok. Ini kegiatan yang sangat penting, maka kami support" ujar Muh Asnawi, Kepala MAN Kendal.

Dari pelaksanaan tes usap antigen di MAN dan SMK Negeri 1 Kendal, seluruhnya menunjukan hasil negatif. Namun demikian pihak sekolah tetap diminta untuk waspada dan berhati-hati, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

#tesusap #pembelajarantatapmuka #kendal

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19