Kompas TV regional berita daerah

Easy Des, Inovasi Layanan Desa Berbasis Android, Mengurus Surat Keterangan Cukup Sekali Klik

Kompas.tv - 23 September 2021, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Desa Jubung di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menciptakan aplikasi pelayanan masyarakat berbasis android. Layanan masyarakat secara online itu untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan warga di masa pandemi Covid-19.

Aplikasi layanan masyarakat berbasis android itu diberi nama Easy Des. Aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat mengajukan permohonan surat keterangan tanpa harus kontak langsung dengan petugas di kantor desa.

Easy Des terhubung langsung dengan operator di kantor desa. Warga cukup mengisi di kolom aplikasi sesuai dengan pengajuan permohonan surat keterangan yang diinginkan, seperti surat keterangan tidak mampu, surat keterangan pindah rumah, maupun surat kematian.

Imam Ansori, Kasi Pemerintahan Desa Jubung menyebut, aplikasi Easy Des sangat memudahkan masyarakat, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Selain itu, Easy Des juga untuk menghindari pungutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat bisa mengurus seluruh surat keterangan dengan gratis dan cepat.

Baca Juga: Inovasi Layanan Red Carpet Pemohon Sertifikat Tanah, Hindari Kerumunan saat Pandemi

Layanan berbasis android ini diapresiasi oleh warga karena mudah dan cepat. Salah satunya adalah Muzahro, warga setempat. Menurutnya, hanya butuh waktu 5 menit saja, warga sudah bisa mengajukan permohonan surat keterangan di aplikasi.

Selanjutnya warga akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa permohonannya sedang diproses dan akan selesai dalam waktu 24 jam. 

Baca Juga: Inovasi Layanan Publik Mencegah Kerumunan Warga, Ada Mesin Anjungan Dukcapil Hingga Halo Dokter

Bagi warga yang tidak mempunyai telepon pintar atau smartphone, disediakan perangkat aplikasi dengan pendampingan petugas.

Sejauh ini, inovasi pelayanan masyarakat berbasis android Easy Des cukup efektif menekan tingkat tatap muka dan kerumunan di kantor desa.

 

#PemerintahDesa  #LayananPublik #Android



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x