Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Layanan Publik Mencegah Kerumunan Warga, Ada Mesin Anjungan Dukcapil Hingga Halo Dokter

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 16:25 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER – PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Untuk mencegah antrean dan kerumunan di tempat layanan publik, Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menciptakan mesin anjungan dukcapil untuk mempercepat pencetakan E-KTP secara mandiri. 

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Jawa Timur menyediakan layanan kesehatan halo dokter dan rawat jalan online.

Baca Juga: Jawa Tengah Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Mesin anjungan dukcapil mandiri itu merupakan inovasi pencetakan elektronik kartu tanda penduduk secara mandiri.

Mesin itu ditempatkan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Jember. Cukup dengan didampingi petugas jaga, warga dapat melakukan proses pencetakan E KTP sendiri. Warga cukup memasukkan data informasi identitas yang dikirim oleh petugas Dispendukcapil melalui email.

Data yang dimasukkan berupa dokumen identitas yang diperoleh dari kantor Dispendukcapil setelah pemohon melakukan perekaman elektronik KTP. Hanya 5 menit, pencetakan E KTP sudah selesai. Selain cepat, pemohon juga tidak dipungut biaya.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa dengan inovasi itu, diharapkan antrean dan kerumunan  di kantor Dispendukcapil pada masa pandemi Covid-19 dapat dikurangi.

Hal serupa juga diterapkan di Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Puskesmas itu menyediakan 2 pelayanan baru, yakni Halo Dokter dan PRASAJA atau pelayanan rawat jalan melalui SMS dan Whatsapp.

Kepala Puskesmas Tongas, dr. Kurnia Ramadhani mengatakan bahwa melalui dua jenis pelayanan gratis itu warga yang hendak berobat bisa dilayani langsung oleh dokter tanpa harus antre berjam-jam.

Cukup menelpon ke nomor 082233441025, warga akan diterima langsung oleh dokter untuk konsultasi dan diagnosa terhadap gejala sakit yang diderita. Obat selanjutnya akan dikirim oleh kader puskesmas ke rumah pasien.

Baca Juga: Ombudsman Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Polres Bengkulu

Ada juga layanan PRASAJA atau pelayanan rawat jalan melalui SMS dan Whatsapp. Cukup kirim pesan ke nomor 0811 3800 950 warga sudah bisa mendaftar untuk keperluan berobat.

Dengan layanan berbasis teknologi digital itu, warga tak perlu lagi datang dan antre di kantor Dispendukcapil maupun di Puskesmas sehingga terhindar dari kerumunan.

 

#PelayananPublik #Dispendukcapil #EKTP #Jember #HaloDokter #RawatJalan #Puskesmas #Berobat #Probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.