Kompas TV regional berita daerah

Ditemukan 26 Sumur Minyak Peninggalan Belanda

Kompas.tv - 23 September 2021, 11:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Sebanyak 26 sumur minyak peninggalan zaman kolonial Belanda ditemukan di Sojomerto, Kendal, Jawa Tengah. Sumur-sumur tersebut diduga masih banyak mengandung minyak sehingga bisa diekploitasi kembali.

Sumur minyak tua peninggalan Belanda sekilas sudah tidak bisa berfungsi, bahkan terlihat mangkrak begitu saja. Sempat akan dikelola oleh Pertamina namun hingga kini belum ada kejelasan dan dibiarkan kumuh tak terawat.

Mengetahui adanya temuan tersebut, Bupati Kendal Dico Ganinduto, berencana akan mengecek kandungan sumur tua tersebut apakah masih mengandung banyak minyak atau tidak. Jika masih bisa diberdayakan, nantinya Pemerintah Kendal akan segera komunikasikan dengan kementerian terkait agar bisa dimanfaatkan.

"Kita pelajari dulu, saya juga baru tau kalo disini ada sumur Belanda, ada 20an kalo tidak salah. Terus nanti kita lihat dulu seperti apa, apabila masih bisa diberdayakan, nanti kita coba komunikasikan dengan kementerian  terkait. Nanti juga kita melibatkan Perhutani sebagai pemilik lahan dan koperasi yang ada di Kabupaten Kendal," tutur Dico Ganinduto.

Sumur minyak tua ini saat ini kondisinya masih berfungsi dan masih bisa menghasilkan minyak. Biasanya pengeboran sumur minyak dilakukan masyarakat secara tradisional, sejak zaman Belanda dengan alat sederhana.

#kendal #belanda #sumurminyak



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x