Kompas TV regional berita daerah

Pengelolah Mangrove Di Sorong Diberikan Upah, Bantu Pemulihan Ekonomi

Kompas.tv - 21 September 2021, 06:28 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Selain sebagai tempat berkembang biaknya biota laut, budidaya hutan mangrove yang terletak di Maibo Aimas kabupaten Sorong, Papua Barat, juga dapat mendatangkan nilai ekonomi bagi warga sekitar. Dinama selain melestarikan kawasan mangrove, dapat juga mendatangkan keuntungan bagi pengelolanya.

Seperti yang dirasakan oleh kelompok tani lestari hutan mangrove, di kabupaten Sorong.  Mereka dirangkul oleh badan restorasi gambut dan mangrove serta KLHK,  untuk melaksanakan rehabilitasi mangrove dan menjaga kelestariannya, pada lahan seluas 1500 hektar.

Nantinya dari hasil kerja keras masyarakat dalam melakukan rehabilitasi mangrove, akan mendatangkan keuntungan bagi mereka sendiri. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung program pemulihan ekonomi di tengah pandemi korona, dengan pemberdayaan petani mangrove.

 dengan keuntungan yang diperoleh pengelolaan mangrove ini, diharapkan dapat menjadi modal untuk lebih mengembangkan hutan mangrove milik masyarakat setempat.

Selain papua barat, ada sembilan Provinsi di Indonesia yang dilaksanakan kegiatan rehabilitasi mangrove pada lahan seluas 33.000 hektar, oleh badan restorasi gambut dan mangrove serta klhk.

#SorongPapuaBarat #BudidayaMangrove #PemberdayaanPetaniLokal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x