Kompas TV bisnis bumn

Detik-Detik Lahirnya Raksasa Pelabuhan Indonesia

Minggu, 19 September 2021 | 22:52 WIB
detik-detik-lahirnya-raksasa-pelabuhan-indonesia
Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang merupakan Pelabuhan Petikemas terbesar di Sumatera. Pemerintah berencana melakukan integrasi (penggabungan) BUMN Pelabuhan yakni Pelindo I-IV menjadi suatu entitas tunggal untuk meningkatkan efisiensi logistik nasional serta menciptakan sistem operasional pelabuhan yang terstandar di seluruh wilayah di Indonesia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPASTV. “Tujuan sinergi Pelindo Bersatu adalah meningkatkan nilai ekonomis dan sosial, dari Sabang sampai Merauke,” tandas Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN II pada 1 September 2021, tepat satu bulan sebelum empat pelabuhan milik negara terintegrasi.

Magic quote”-nya adalah bersatu, Sabang sampai Merauke. Saat ini, sebagai entitas negara maritim, bisnis model Pelindo memang terpencar berdasarkan kawasan. Yaitu Pelindo I, Pelindo II (IPC), Pelindo III, dan Pelindo IV.

1 Oktober 2021, menjadi sejarah baru peta pelabuhan dunia. Empat Pelindo saling melepas sekat, meleburkan kekayaan negara menjadi satu, dan bertransformasi nama menjadi PT Pelabuhan Indonesia.

Sinergi ke-empatnya, tak setengah-setengah, dengan total aset Rp 112 triliun, Indonesia memiliki operator peti kemas urutan 8 terbesar di dunia. Skala troughput atau jumlah bongkar muat peti kemas dalam luas dan waktu tertentu Pelindo, mencapai 16,7 juta TEUs.

“Merger ini menciptakan standardisasi operasional dan palayanan pelabuhan. Sehingga memberikan manfaat yaitu efisiensi berupa kecepatan dan ketepatan layanan bagi pengguna pelabuhan di seluruh wilayah,” jelas Kartika.

Efisien, Biaya Logistik Berani Diadu

Unjuk gigi pada dunia, tidak membuat Pelindo merasa di atas angin. Tetap saja ada pekerjaan rumah yang menjadi prioritas. Yaitu “menyulap” ongkos logistik dari Indonesia Barat sampai Indonesia Timur, lebih efisien.

Tingginya rasio biaya logistik selama ini dianggap sebagai salah satu kendala pertumbuhan ekonomi yang merata. Dibandingkan dengan negara tetangga, ongkos logistik Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) jauh lebih tinggi, yakni 23,5 persen. Padahal, Singapura dan Malaysia masing-masih mampu membuat biaya ini lebih rendah, masing-masing 8 persen dan 13 persen.

Biaya Logistik (Sumber: GRAFIS KOMPASTV)

”Kami belum bicara penurunan harga, tujuan utama kami adalah memperbaiki pelayanan. Terutama waktu tunggu kapal dan bongkar-muat barang dari kontainer yang berdampak pada beban biaya logistik. Jika pelayanan, terutama waktu tunggu, bisa diperpendek, tentu berdampak pada efisiensi biaya logistik,” jelas Arif Suhartono, Direktur Utama Pelindo II (IPC).

Salah satu penyebab tingginya biaya logistik, khususnya di laut menurut Prasetyadi, Direktur Pelindo IV adalah operasi dan infrastruktur pelabuhan yang belum optimal.

Penulis : Dyah Megasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19