Kompas TV nasional wawancara

Cegah Penurunan Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi

Kompas.tv - 19 September 2021, 21:25 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Potensi penurunan hasil belajar para siswa di tengah pandemi harus diantisipasi bersama.

Langkah apa yang harus dioptimalkan agar Indonesia tidak kehilangan generasi penerus yang berkualitas?

Bupati Cianjur, Herman Suherman sangat terkejut saat mendapati seorang siswa kelas 4 SD yang tidak bisa membaca saat tengah melakukan sidak pembelajaran tatap muka.

Dari pengakuan pihak sekolah, hal ini terjadi akibat beragam faktor selama pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 mulai dari minimnya fasiilitas  di rumah serta kurangnya bimbingan dari orangtuanya.

Temuan kasus penurunan kualitas belajar siswa sangat mungkin terjadi di masa pandemi.

Bahkan, Bank Dunia memperkirakan penurunan hasil pembelajaran siswa di Indonesia akibat pandemi covid-19 sejak 2020 hingga 2021 mencapai 0,9-1,2 tahun pembelajaran.

Baca Juga: Mendikbud Ristek: Guru Sudah Vaksin Wajib Gelar PTM

Kondisi ini diperkirakan tidak hanya akan mempengaruhi daya saing pendidikan secara global, tapi juga mengakibatkan kerugian besar bagi masa depan Indonesia.

Bahkan secara perhitungan ekonomi, penurunan hasil pembelajaran atau learning loss, setara dengan 29% produk domestik bruto atau GDP Indonesia tahun 2020.

Mendikdbud Ristek, Nadiem Makarim mengakui potensi learning loss atau penurunan hasil belajar akibat pandemi pasti terjadi di banyak negara.

Nadiem menyebut hal ini salah satunya diantisipasi dengan memulai pembelajaran tatap muka secara terbatas. Kini 40% sekolah di Indonesia sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Penurunan hasil pembelajaran tak bisa dihindari akibat pandemi, namun hal ini harus segera diatasi agar Indonesia tidak kehilangan generasi penerus yang berkualitas.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.