Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Warga Palestina yang Lolos dari Penjara Israel Ditangkap Kembali

Minggu, 19 September 2021 | 20:28 WIB
dua-warga-palestina-yang-lolos-dari-penjara-israel-ditangkap-kembali
Polisi Israel memeriksa sebuah mobil saat mencari dua warga Palestina yang kabur dari penjara, di jalan menuju Kota Jenin di Tepi Barat, Palestina, di dekat Gan Ner Israel, Minggu (12/9/2021). Ketegangan antara Israel dan Palestina meningkat sejak peristiwa narapidana yang kabur dari penjara Israel. (Sumber: Associated Press)

JENIN, KOMPAS.TV - Israel dilaporkan menangkap sisa dua tahanan yang kabur dari penjara Gilboa. Kepolisian Israel menyebut dua buron terakhir dari total enam tahanan yang kabur telah ditangkap pada Minggu (19/9/2021).

Dua tahanan itu dilaporkan selama ini disembunyikan oleh seorang warga Jenin, kota di Tepi Barat, Palestina.

Sebelumnya, enam tahanan Palestina berhasil kabur dari penjara dengan tingkat keamanan tinggi pada 6 September lalu. Keenam terhukum disebut meloloskan diri dengan cara menggali terowongan menggunakan sendok.

Baca Juga: Sendok Jadi Simbol Perlawanan Baru Palestina Usai Kaburnya 6 Tahanan dari Penjara Angker Israel

Aparat keamanan Israel yang mengutuk kejadian itu sebagai “kegagalan keamanan dan intelijen yang besar”, segera menggelar perburuan besar-besaran di Tepi Barat seusai kejadian tersebut.

Kejadian ini juga diikuti dengan tindakan keras terhadap para tahanan Palestina di penjara Israel.

Menyusul perburuan besar yang digelar Israel, empat tahanan sudah ditangkap kembali pada pekan lalu.

Salah satu tahanan yang tertangkap pada Minggu (19/9) bernama Ayham Nayef Kamanji. Pria berusia 35 tahun ini dihukum penjara seumur hidup sejak 2006 atas dakwaan membunuh seorang pemukim Israel dan terlibat aktivitas bersenjata melawan pemerintahan pendudukan.

Satu tahanan lainnya bernama Munadil Yaqoub Nfeiat. Pria berusia 26 tahun dipenjara sejak 2019 tanpa melalui proses pengadilan.

Melansir Middle East Eye, keduanya berasal dari Jenin dan merupakan anggota kelompok bersenjata Palestina, Jihad Islam.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sedekah Bumi Demi Kehidupan Petani

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:43 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19