Kompas TV video sinau

Mengenal Natuna, dari Letak hingga Potensi Wilayahnya

Kompas.tv - 20 September 2021, 16:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Kepulauan Natuna beserta wilayah perairannya masuk dalam Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Melansir SKPT Natuna dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, luas wilayah Kabupaten Natuna mencapai 264.198,37 kilometer persegi, dengan luas daratan 2.001,30 kilometer persegi.

Selain itu, luas wilayah laut Natuna mencapai 99 persen dari total luas wilayah, yaitu sebesar 262.197,07 kilometer persegi.

Berdasarkan data BPS tahun 2020, Kabupaten Natuna yang beribu kota kabupaten di Ranai ini memiliki populasi sebesar 81.495 orang penduduk.

Pemerintah Indonesia telah resmi mendaftarkan Kepulauan Natuna sebagai wilayah kedaulatan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 18 Mei 1965.

Di sisi lain, Kabupaten Natuna sendiri berada di lintasan jalur pelayaran internasional dari dan atau ke Hongkong, Taiwan, dan Jepang.

Dengan wilayahnya yang Sebagian besar adalah perairan, Natuna sangat terkenal akan sumber daya alam yang melimpah, khususnya di sektor perikanan dan energi

Berdasarkan studi identifikasi potensi sumberdaya kelautan dan perikanan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2011, potensi sumber daya ikan laut Natuna mencapai 504.212,85 ton per tahun.

Data hasil tangkapan Laut Natuna Utara milik Kementerian KKP tahun 2017 menunjukkan ikan layang, manyung, dan tongkol adalah jenis ikan laut yang paling banyak ditangkap di Laut Natuna Utara.

Tidak hanya kaya akan potensi bahari, Natuna juga dikenal menyimpan kandungan gas alam.

Cadangan gas terbesar di Indonesia berada di Natuna, tepatnya berada di Blok East Natuna 49,87 TCF. Natuna juga memproduksi 25.113 barrel minyak bumi per hari.

Dari segi potensi wisata, Kabupaten Natuna juga memiliki pemandangan indah dengan dominasi wisata laut.

Beberapa di antaranya seperti Jelita Sejuba, Alif Stone Park, hingga Pantai Batu Kasah yang memiliki batu granit dengan berbagai ukuran.

Baca Juga: Bakamla RI Jelaskan Situasi Saat Ini di Laut Natuna Utara

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x