Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Bermain Sepak Bola dengan Lebih Baik

Kompas.tv - 19 September 2021, 10:45 WIB
cara-bermain-sepak-bola-dengan-lebih-baik
Ilustrasi. Para pemain PSS Sleman saat sedang berlatih jelang laga pertama mereka di Liga 1 2021-22. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Pssleman.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Meskipun bukan atlet profesional, Anda tetap bisa melatih diri untuk bermain sepak bola dengan lebih baik.

Anda tetap bisa meningkatkan kemampuan bermain sepak bola meskipun tidak menekuninya sebagai karier.

Kebanyakan pesepak bola profesional berlatih tekun sejak muda sehingga bisa menjadi atlet profesional. Namun, mulai latihan pada usia dewasa pun tetap bisa meningkatkan kemampuan bermain sepak bola.

Kunci bagi perkembangan permainan sepak bola menjadi lebih baik adalah semangat untuk memainkannya.

Jadi, meskipun Anda sekadar memainkan sepak bola sebagai rekreasi, sejumlah tips ini dapat ditempuh sebagai cara membuat permainan sepak bola Anda lebih baik.

Baca Juga: Sejarawan: Jakarta Saksi Keterkaitan Sepakbola dan Gerakan Kebangsaan

Berikut sejumlah tips meningkatkan permainan sepakbola Anda sebagaimana disarikan Professional Football Scouts Association (PFSA) Inggris.

1. Latihan kontrol bola

Latihan kontrol bola memang latihan dasar yang barangkali pernah dilatih guru Anda di sekolah. Namun, latihan ini sangat penting untuk meningkatkan permainan Anda.

Salah satu cara melakukan latihan kontrol adalah dengan menggunakan objek tertentu sebagai rambu-rambu.

Anda bisa memasang rambu-rambu itu membentuk jalur tertentu atau memasangnya dalam pola berderet tertentu agar Anda mendribel melaluinya secara zig-zag.

Latihan seperti itu membiasakan Anda menjaga bola tetap dalam penguasaan kaki. Dengan memasang rambu-rambu membentuk liku-liku sempit, Anda juga dilatih untuk membuat pergerakan sulit.

Lakukan latihan ini hingga Anda terbiasa mengontrol bola dengan baik.

2. Pelajari pertandingan sungguhan



Sumber : Kompas TV/PFSA


BERITA LAINNYA



Close Ads x