Kompas TV internasional kompas dunia

Ledakan Tewaskan 3 Orang di Afghanistan, ISIS-K Diduga Sasar Taliban

Kompas.tv - 18 September 2021, 20:42 WIB
ledakan-tewaskan-3-orang-di-afghanistan-isis-k-diduga-sasar-taliban
Sejumlah warga dan anggota Taliban tampak berkumpul di lokasi ledakan di Kabul, Afghanistan, Sabtu (18/9/2021). Pihak berwenang menyatakan, sebuah bom lengket telah meledak di lokasi tersebut dan melukai dua orang. (Sumber: AP Photo/Felipe Dana)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

JALALABAD, KOMPAS.TV – Serangkaian ledakan terjadi di ibu kota Provinsi Nangarhar di timur Afghanistan, Sabtu (18/9/2021). Akibat ledakan itu, sedikitnya 3 orang tewas dan sekitar 20 orang lainnya terluka.

Melansir Associated Press, rangkaian ledakan itu menyasar sejumlah kendaraan milik anggota Taliban.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang terjadi di Jalalabad itu. Namun, sempalan kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak atau ISIS di Afghanistan, ISIS Provinsi Khorasan (ISIS-K atau ISKP) bermarkas di timur negara itu.

ISIS juga bermusuhan dengan Taliban, penguasa Afghanistan kini.

Baca Juga: Tentara Taliban Bersenjata Lengkap Pesiar ke Kebun Binatang Kabul usai Salat Jumat dan Berfoto Ria

Sebelumnya, kelompok ISIS-K mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di Bandara Kabul saat evakuasi warga asing dan lokal pada akhir bulan lalu (26/8/2021). Serangan bom bunuh diri itu telah menewaskan sekitar 170 orang, termasuk 13 tentara Amerika Serikat (AS).

Kelompok Negara Islam IS Khorasan, mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri Bandara Kabul yang tewaskan setidaknya 92 warga Afghanistan, 13 marinir AS dan membuat ratusan orang luka berat. (Sumber: Homeland Security Today)

Taliban pun mengecam keras serangan bom bunuh diri yang dilakukan oleh ISIS-K di luar Bandara Kabul. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid bahkan menegaskan, tak ada maaf bagi kelompok yang membunuh orang tak bersalah menggunakan nama Islam.

Baca Juga: Taliban Kecam ISIS-K: Tak Ada Maaf untuk Kelompok yang Membunuh Memakai Nama Islam

Masih belum jelas apakah pejabat Taliban menjadi korban serangan itu atau tidak.

Di Ibu Kota Kabul di hari yang sama, sebuah bom lengket meledak dan melukai dua orang. Masih belum jelas pula siapa yang menjadi target serangan bom lengket itu.

 

 

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x