Kompas TV regional berita daerah

Kalsel Masuki Peralihan Musim, Sebagian Besar Sudah Mulai Kemarau

Kompas.tv - 17 September 2021, 19:01 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV – Dari hasil pengamatan stasiun klimatologi BMKG Kalimantan Selatan sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan telah memasuki musim kemarau.

Namun beberapa kawasan Kalimantan Selatan bagian Timur masih dalam masa peralihan menuju ke musim kemarau.

Baca Juga: Rentan Dilanda Banjir, Mensos Risma Minta Bupati Tala Bangun Selter

Untuk potensi hujan sedang juga masih akan terjadi di dua Kabupaten yakni Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Kotabaru  karena adanya pengaruh suhu hangat permukaan laut yang menyebabkan terjadinya awan di sekitar kawasan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru khususnya di kawasan Pesisir Laut.

“Untuk potensi hujan minggu ini ya atau pertengahan bulan September ini Kalimantan selatan, potensi hujan nya juga menengah tidak lebih tinggi dari yang lainnya,” tutur Analis Iklim Stasiun Klimatologi BMKG Kalsel, Wiji Cahyadi.

Baca Juga: Cenderung Stabil, Bisnis Karet Masih Bernilai Saing di Tengah Pandemi, Bahkan Harga Diprediksi Naik

BMKG Kalimantan Selatan juga memprakirakan di masa peralihan musim ini masih akan terjadi potensi angin kencang seperti puting beliung di beberapa kawasan kalimantan selatan yang sedang dalam masa peralihan.

BMKG Kalimantan Selatan menghimbau masyarakat lebih waspada menghadapi masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau karena selain berdampak terhadap iklim juga terhadap perubahan cuaca yang cepat berganti tidak menentu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x