Kompas TV bisnis kebijakan

Jokowi Minta Harga Jagung Rp4.500 per Kg, Kemendag Langsung Siapkan Regulasi Subsidi Harga

Jumat, 17 September 2021 | 13:18 WIB
jokowi-minta-harga-jagung-rp4-500-per-kg-kemendag-langsung-siapkan-regulasi-subsidi-harga
Peternak menurunkan pakan ayam yang baru dikirim dari pabrik di sebuah peternakan ayam petelur di kawasan Pengasinan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/4/2021). Para peternak mengeluhkan naiknya harga pakan dari Rp 287.500 per zak (50 kilogram) menjadi 295.000 per zak. Kenaikan pakan dipicu lonjakan harga jagung. (Sumber: Kompas.id/Hendra A Setyawan )

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Perdagangan (Kemendag) langsung menyiapkan regulasi agar para peternak ayam petelur bisa membeli jagung dengan harga Rp4.500/kg. Proses pembuatan regulasi tersebut juga tengah dilakukan.

Angka tersebut adalah permintaan Presiden Joko Widodo, setelah bertemu dengan perwakilan asosiasi peternak ayam di Istana Negara, Rabu (15/9/2021).

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nirwan mengatakan, regulasi yang disiapkan berisi mekanisme penggantian selisih harga atau subsidi harga jagung yang akan dijual BUMN. 

"Mengenai harga jagung yang akan dijual ke peternak rakyat nanti akan diputuskan dalam Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional). Termasuk BUMN mana yang akan ditunjuk untuk pengadaan pasokan jagung, apakah nanti perlu mengimpor, dan sebagainya," kata Oke saat dihubungi Kompas.tv, Jumat (17/9).

"Tapi BUMN kan belum tentu dapat harga di bawah itu (Rp4.500). Misal kalau belinya Rp5.000 harus dijual ke peternak Rp4.500 kan rugi, nah selisihnya itu harus ada yang mengganti. Kita buatkan regulasinya apa saja yang bisa diganti, misalnya ongkos angkutnya," tambahnya. 

Baca Juga: Usai Aksi Poster Suroto: Dua Menteri Diberi Instruksi, Kapolri Kena Tegur

Oleh karena itu, Kemendag juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait anggaran subsidi penggantian biaya tersebut. 

Oke menjelaskan, kenaikan harga jagung di dalam negeri disebabkan pasokan dalam negeri yang sedang berkurang dan harga internasional yang memang sedang tinggi. Faktor supercyle di disebut menjadi biang keladinya. 

Commodity supercycle merupakan periode di mana harga-harga komoditas mengalami kenaikan dalam waktu panjang. Biasanya periode ini terjadi setelah krisis. 

Saat ini, supersiklus komoditas disebabkan pandemi Covid-19, bergesernya masa tanam dan panen, hingga mahalnya biaya pengiriman lewat kontainer.

Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19