Kompas TV nasional sosial

Ini Cara Verifikasi PeduliLindungi bagi Penerima Vaksin Covid-19 di Luar Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 19:20 WIB
ini-cara-verifikasi-pedulilindungi-bagi-penerima-vaksin-covid-19-di-luar-negeri
Ilustrasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Petugas bandara menunjukan aplikasi PeduliLindungi yang ada di telepon genggamnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/8/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)

SOLO, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan kini memberikan layanan bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang mendapatkan vaksinasi di luar negeri untuk memeroleh verifikasi PeduliLindungi.

Untuk diketahui, PeduliLindungi merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses berbagai tempat publik selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Beberapa waktu lalu peristiwa penolakan masuk mal meski sudah mendapatkan vaksinasi menjadi viral di media sosial.

Padahal WNI dalam video sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, tetapi di luar negeri. Penolakan dilakukan karena status vaksin tak ada di aplikasi PeduliLindungi.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan verifikasi status vaksin di aplikasi PeduliLindungi, para WNI/WNA perlu mendaftarkan dirinya ke laman yang telah disediakan pihak Kemenkes.

Baca Juga: Maksimalkan Kebijakan, Satgas Covid-19 Tetapkan PeduliLindungi Jadi Syarat Perjalanan Internasional

Nantinya proses verifikasi akan dikonfirmasi melalui e-mail yang telah didaftarkan dari laman tersebut dengan kurun waktu maksimal 3 hari kerja. Nah jika sudah mendapatkan konfirmasi sertifikat vaksin dapat diklaim di aplikasi PeduliLindungi.

Berikut cara verifikasi jika telah mendapatkan vaksinasi dari luar negeri supaya bisa mengakses PeduliLindungi.

  1. Pendaftar WNA atau WNI yang divaksinasi di luar negeri mengakses laman https://vaksinln.dto.kemkes.go.id/sign/in. Kemudian, lakukan pendaftaran dan mengajukan verifikasi sertifikat.
  2. Kemenkes akan melakukan melakukan verifikasi data vaksinasi WNI, sedangkan untuk WNA akan diverifikasi oleh kedutaan masing-masing. 
  3. Persetujuan hasil verifikasi akan dikirimkan melalui surat elektronik atau e-mail. Setelah diverifikasi, hasilnya akan dikonfirmasi melalui e-mail yang sudah didaftarkan di website tersebut, kurang lebih maksimal tiga hari kerja.
  4. Pengakuan/klaim WNI atau WNA yang bersangkutan harus mendaftar dan login ke dalam aplikasi PeduliLindungi agar dapat mengecek status vaksinasi dan mendapatkan Kartu Verifikasi Vaksinasi Non-Indonesia (VNI).
  5. Selanjutnya, WNA dan WNI  dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat, seperti mal, penerbangan, dan lain-lain.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Berencana Fasilitasi Masyarakat Tak Punya Gawai untuk Akses PeduliLindungi

Proses verifikasi ini membutuhkan beberapa dokumen yang diperlukan seperti:

  • KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi WNI.
  • ID yang dipakai untuk verifikasi adalah NIK dan kartu vaksinasi.
  • Bagi WNI verifikasi dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19