Kompas TV regional berita daerah

Wakil Wali Kota Tegal Kunjungi Balita Pemakan Tanah

Kompas.tv - 16 September 2021, 11:04 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi mengunjungi rumah orang tua Vero Fernanda, balita 3 tahun di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal yang gemar memakan tanah dan pasir. Vero nampak gembira saat wakil Wali Kota beserta Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Dyah Probondari memberikan bantuan berupa susu dan makanan ringan.

 

Anak ketiga dari pasangan suami istri Carmo dan Umrotun ini nampak riang memilih minuman dan makanan yang diinginkan. Karena selama ini, akibat kemiskinan, balita 3 tahun tersebut hanya mengkonsumsi makanan seadanya.

 

Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi mengatakan, kondisi Vero yang gemar memakan tanah dan pasir menjadi kabar yang memprihatinkan. Karena menurutnya bukan hanya faktor kesehatan melainkan ada faktor utama lainnya yakni kemiskinan.

 

Ironisnya kedua orang tuanya yang hanya menikah siri belum mendapatkan kartu keluarga, sehingga belum tersentuh bantuan dari pemerintah Kota Tegal. Pihaknya telah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah OPD Pemkot Tegal untuk memfasilitasi pembuatan kartu keluarga dan data kependudukan lainnya agar didaftar sebagai penerima bantuan.

 

Sebelumnya Veri juga telah diperiksa kesehatannya di RSUD Kardinah Tegal. Kepala Puskesmas Debong Lor, Fikri El Mujahid mengatakan, dari hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, dokter spesialis kejiwaan dan psikolog kondisi Vero dinyatakan baik dan tanpa keluhan. Namun pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pencernaan.

 

Vero diketahui gemar memakan tanah dan pasir saat masih berusia satu setengah tahun. Saat lepas dari pengawasan orang tua, vf kerap memakan pasir dan tanah saat bermain. Namun saat dilarang ibunya Vero justru mengamuk dan menangis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x