Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Pertimbangkan Pemberian Vaksin Booster untuk Warganya

Kamis, 16 September 2021 | 05:46 WIB
amerika-serikat-pertimbangkan-pemberian-vaksin-booster-untuk-warganya
Petugas kesehatan di Amerika Serikat mempersiapkan pemberian vaksin Pfizer. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Pemerintah Amerika Serikat akan mengadakan pertemuan pada Jumat (17/9/2021) untuk membicarakan mengenai apakah booster vaksin Covid-19 pabrikan Pfizer cukup aman dan efektif untuk diberikan pada warga mereka.

Sebelumnya pada Rabu (15/4/2021), Food and Drug Administration (FDA) memposting banyak bukti yang akan dipertimbangkan oleh panel penasihatnya. FDA memberikan penjelasan yang netral mengenai alasan untuk memberikan vaksin booster.

Dari pihak Pfizer mengatakan, kekebalan terhadap infeksi ringan akan berkurang sekitar enam hingga delapan bulan setelah dosis kedua. Pfizer telah memberikan dosis ekstra kepada 306 orang dan mencatat tingkat antibodi vaksin menjadi tiga kali lipat lebih tinggi dengan suntikan booster.

Baca Juga: Vaksin Moderna dan Pfizer Bisa Didapat Tanpa Surat Dokter, Dinkes DKI Jelaskan Alasannya

Lebih penting lagi, kata Pfizer, antibodi itu tampaknya cukup kuat untuk menangani varian delta yang sangat menular. Untuk memperkuat argumennya, Pfizer menunjukkan data yang dimiliki Israel kepada FDA.

Israel telah mulai memberikan vaksin booster kepada warganya sejak musim panas lalu. Studi di Israel menunjukkan bahwa 1 juta orang yang berusia 60 tahun ke atas dan mendapatkan suntikan booster, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terinfeksi Covid-19.

Pfizer mengatakan, hal ini berarti suntikan booster mereka memiliki keefektifan sekitar 95 persen terhadap varian delta, sebanding dengan perlindungan terhadap varian yang ditemukan di awal pandemi.

Namun dari data yang dimiliki Israel, belum diketahui berapa lama vaksin booster akan bertahan untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

Peninjau dari FDA kemudian menyarankan Pfizer untuk mencari penelitian tentang bagaimana vaksin bekerja di antara warga Amerika. Mereka masih membutuhkan data akurat untuk mewakili efektifitas vaksin pada populasi AS.

“Secara keseluruhan, data menunjukkan bahwa Pfizer dan vaksin Covid-19 resmi AS lainnya masih memberikan perlindungan terhadap penyakit Covid-19 yang parah dan kematian di Amerika Serikat,” kata badan FDA seperti dikutip dari The Associated Press.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19