Kompas TV nasional kesehatan

Menkes Sebut Ada 3 Ribu Orang Positif Covid-19 yang Jalan-jalan ke Mal

Kompas.tv - 13 September 2021, 12:24 WIB
menkes-sebut-ada-3-ribu-orang-positif-covid-19-yang-jalan-jalan-ke-mal
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan terkait bocornya sertifikat vaksin Presiden Jokowi di media sosial, Jumat (3/9/2021). (Sumber: YouTube Polda Metro Jaya)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada sebanyak 3.161 orang positif Covid-19, tapi masih melakukan aktivitas di pusat perbelanjaan atau mal. Hal itu diketahui dari data aplikasi PeduliLindungi. 

"Diluncurkan baru sebulan sudah ada 29 juta yang melakukan check-in dengan PeduliLindungi, ada 3 ribu orang yang masuk kategori hitam, itu artinya positif, tapi masih jalan-jalan seperti ke mal," kata Budi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021). 

Baca Juga: Kemenkes Siapkan Dua Opsi Penangananan Covid-19 Tahun Depan: Antara Normal dan Lonjakan Kasus

Ia menjelaskan, tak hanya berkeliaran di mal, tapi mereka itu juga berada di tempat-tempat lainnya. Misalnya di bandara, hotel, restoran, fasilitas olahraga dan perkantoran. 

"Totalnya mengidentifikasi ada 3.830 pengunjung tidak sehat dan melindungi orang yang beraktivitas di fasilitas publik," ujarnya. 

Ia mengimbau agar mereka yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 tak melakukan aktivitas di luar rumah. 

"Padahal orang-orang ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif Covid yang harusnya stay di rumah atau diisolasi terpusat di karantina," katanya. 

Baca Juga: Wamenkes Sebut Kondisi Covid-19 di Indonesia Lebih Baik Dibanding Malaysia, Filipina, Vietnam

Ia menyebut, dengan adanya aplikasi PeduliLindungi, nantinya yang bersangkutan juga akan dijemput oleh Tim Satgas Covid-19. 

"Jadi dengan demikian kita bisa melacak mereka dan memastikan mereka segera kita ambil dan kita lakukan isolasi," katanya
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x