Kompas TV video sinau

Jangan Diulangi! Kesalahan yang Dialami saat Mendongkrak Mobil

Kompas.tv - 11 September 2021, 21:40 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kemampuan mengoperasikan alat dongkrak, wajib dimiliki oleh pengemudi mobil. Gunanya, agar siap saat menemui kondisi ban kempis atau pecah ban saat menempuh perjalanan. Dongkrak mobil menjadi salah watu alat yang wajib tersimpan di dalam mobil.

Melansir dari GridOto.com, dongkrak pada dasarnya terbagi menjadi 2 jenis. Yakni dongkrak mekanis dan dongkrak hidraulis. Dongkrak mekanis adalah dongkrak yang kerjanya mengandalkan roda gigi dan batang yang diputar hingga menghasilkan gaya angkat. Kemudian dongkrak hidraulis adalah dongkrak yang mengandalkan cairan dengan prinsip kerjanya menggunakan sistem fluida, sebagai pemberi tekanan sehingga menghasilkan gaya angkat.

Dongkrak juga terbagi dalam bermacam-macam jenis, yaitu: Dongkrak gunting, dongkrak botol, dan dongkrak buaya.

Untuk mengetahui titik tumpu dongkrak pada kendaraan yang anda miliki, baiknya pelajari buku panduan secara lengkap. Agar dapat memahami seluk beluk mobil dengan cara yang tepat. Untuk lokasi tempat mendongkrak baiknya juga perlu diperhatikan, harus pada permukaan yang datar dan kuat, agar proses mendongkrak kendaraan jadi lebih aman.

Baca Juga: 3 Tanda Aki Mobil Anda Harus Segera Diganti

https://www.kompas.tv/article/210235/3-tanda-aki-mobil-anda-harus-segera-diganti 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x