Kompas TV internasional kompas dunia

9/11: Memperingati Tragedi 11 September, Presiden AS Joe Biden Kunjungi Tiga Lokasi Sekaligus

Sabtu, 11 September 2021 | 21:46 WIB
9-11-memperingati-tragedi-11-september-presiden-as-joe-biden-kunjungi-tiga-lokasi-sekaligus
Mantan Presiden Barack Obama, mantan ibu negara Michelle Obama, Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden menghadiri upacara peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September 2001 di National September 11 Memorial and Museum di New York, Sabtu, 11 September 2021. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan memperingati 20 tahun serangan 11 September 9/11 di Amerika Serikat hari Sabtu dengan mengunjungi masing-masing lokasi pesawat yang dibajak jatuh pada tahun 2001 untuk menghormati para korban serangan mengerikan itu, seperti dilansir Antara, Sabtu, (11/09/2021).

Dalam acara memperingati serangan tersebut, mantan Presiden Barack Obama, mantan ibu negara Michelle Obama, Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden menghadiri upacara peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September 2001 di National September 11 Memorial and Museum di New York, Sabtu.

Biden akan memulai hari di New York. Di sana, ia akan menghadiri upacara pada pukul 08.30 waktu setempat di lokasi menara kembar World Trade Center pernah berdiri sebelum pesawat menghantam dua bangunan dan menyebabkannya runtuh.

Ia kemudian akan bertolak ke Shanksville, Pennsylvania, tempat pesawat United Flight 93 jatuh ke ladang setelah sejumlah penumpang melawan para pembajak dan mencegah pesawat menghantam target lainnya.

Akhirnya, Biden akan kembali ke wilayah Washington untuk mengunjungi markas besar Departemen Pertahanan AS, Pentagon, simbol militer AS yang diserang pesawat lain yang hari itu digunakan sebagai rudal.

Hari peringatan itu tiba tak lama setelah AS mengakhiri perang di Afghanistan, yang dipimpinnya dan diluncurkan 20 tahun lalu untuk mencabut akar kelompok pelaku serangan 11 September, Al Qaida. 

Penarikan tentara AS oleh Biden dilakukan pada Agustus, beberapa bulan setelah tenggat  yang diberikan oleh presiden pendahulunya dari Partai Republik, Donald Trump.

Baca Juga: Kronologi 9/11: “Aku di Pesawat yang Sedang Dibajak, Aku Cinta Kamu dan Anak-Anak Kita, Maaf...”

Asap hitam tebal membumbung ke angkasa dari area menara kembar World Trade Center yang runtuh di belakang Patung Liberty (kiri bawah) pada Selasa, 11 September 2001 silam. (Sumber: P Photo/Daniel Hulshizer)

Penarikan tersebut serta kejatuhan kekuasaan Afghanistan dengan cepat ke tangan Taliban telah menuai kritik dari sejumlah anggota kedua partai politik.

Biden tidak dijadwalkan untuk memberikan pernyataan di lokasi mana pun, tetapi ia merilis sebuah video pada Jumat untuk mengungkapkan belasungkawa kepada orang-orang terkasih para korban serangan 11 September. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Antara/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19