Kompas TV video sinau

Apa itu Overthinking ?dan Beberapa Tanda-tandanya

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 20:44 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Terjebak pada kesalahan masa lalu, sering menyalahkan diri sendiri, sulit mengambil keputusan dan sulit untuk tertidur nyenyak, karena terus memikirkan masalah. Bisa jadi anda sedang dalam keadaan overthinking, Anda perlu berhati-hati.

Melansir dari Hellosehat.com. Mari ketahui apa itu overthinking? Overthinking adalah istilah untuk orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Namun jangan salah menyamakannya dengan orang yang pemikir, orang yang bersikap seperti ini sering kali memikirkan hal-hal remeh  secara berlebihan.

Banyak yang keliru,keadaan seperti ini, disamakan dengan sikap berhati-hati dalam pengambilan keputusan. Nyatanya berbeda, kerap kali berpikir berlebihan juga bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan Anda.

Belum diketahui secara pasti, apa sebenarnya penyebab dari overthinking. Tapi overthinking ini sering ditujukan kepada orang dengan gangguan kecemasan dan depresi. Pada kasus tertentu, ini bisa jadi hal yang berbahaya dan merugikan bagi seseorang. Bahaya lain dari kondisi ini yaitu tekanan emosi serius yang membuat orang memilih pelampiasan  ke hal yang negatif seperti alkohol atau gaya hidup tidak sehat lainnya.

Mencari kegiatan baru dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking yang ampuh. Nikmati makanan Anda dengan sepenuhnya, jangan melakukan hal lain ketika makan, hindari akses pada pekerjaan di luar jam kerja Anda dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Belajar Psikologi Warna untuk Kebutuhan Ruang dalam Rumah

https://www.kompas.tv/article/209275/belajar-psikologi-warna-untuk-kebutuhan-ruang-dalam-rumah 

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x