Kompas TV olahraga kompas sport

Lampaui Pele, Lionel Messi Resmi Jadi Top Skor Internasional di Amerika Selatan

Kompas.tv - 10 September 2021, 10:24 WIB
lampaui-pele-lionel-messi-resmi-jadi-top-skor-internasional-di-amerika-selatan
Lionel Messi berhasil mencetak dua gol saat Argentina melawan Bolivia di penyisihan grup A Copa America, Selasa (29/6/2021) pagi WIB. (Sumber: Twitter @CopaAmerica)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV - Bintang tim nasional (timnas) Argentina Lionel Messi resmi menjadi pencetak gol internasional terbanyak dalam sejarah sepak bola Amerika Selatan pada Jumat (10/9/2021). 

Messi memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang legenda hidup asal Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele. Saat ini, Messi telah membukukan 79 gol bersama timnas Argentina, menyalip torehan 77 gol yang diciptakan Pele bareng timnas Brasil.

Pemain yang kini telah berusia 34 tahun itu mencetak seluruh gol kemenangan 3-0 Argentina atas Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang bertempat di Stadion Monumental, Buenos Aires. 

Baca Juga: Hasil Argentina Vs Bolivia: Messi Hattrick, Albiceleste Menang 3-0

Dihadiri 20.000 suporter, Messi membuka keunggulan Argentina pada menit ke-14. Dalam prosesnya, Messi melakukan nutmeg ke pemain Bolivia sebelum melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. 

Gol keduanya datang pada menit ke-64. Berawal dari umpan cepat satu-dua dengan Lautaro Martinez, Messi kemudian melakukan tipuan kepada bek Bolivia sebelum melepaskan tendangan jarak dekat yang tidak mampu dihalau kiper Carlos Lempe. 

Pemain berjuluk La Pulga berhasil mencetak trigol pada menit ke-88, memanfaatkan bola muntah hasil tepisan Carlos Lempe. 

Baca Juga: Buntut Laga Ditangguhkan, FIFA Periksa Asosiasi Sepakbola Brasil dan Argentina

Usai laga, Messi tidak membicarakan tentang rekor Pele yang baru saja dia pecahkan. Tetapi terharu dapat merayakan kemenangan Copa America 2020 di depan para fans Argentina. 

Pasalnya, ini merupakan pertama kalinya dalam 20 bulan terakhir, suporter Argentina diizinkan menonton langsung di stadion. 

"Saya menunggu banyak waktu untuk ini, saya mencari ini, saya memimpikan ini. Ini adalah momen tunggal karena bagaimana hal itu terjadi, setelah sekian lama menunggu," kata Messi, dikutip dari AP

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk merayakannya selain berada di sini. Ibuku, saudara-saudaraku ada di sini di tribun... Mereka sangat menderita dan hari ini mereka di sini merayakannya. Saya sangat bahagia."

 



Sumber : AP


BERITA LAINNYA



Close Ads x