Kompas TV nasional peristiwa

TMII Bersiap Buka Kembali Jelang Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

Kompas.tv - 9 September 2021, 15:00 WIB
tmii-bersiap-buka-kembali-jelang-uji-coba-pembukaan-tempat-wisata
Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengatakan tengah melakukan persiapan untuk kembali beroperasi jelang uji coba pembukaan tempat wisata.

Sebagaimana diketahui, TMII bersama Ancol, menjadi dua tempat wisata yang direkomendasikan melakukan uji coba pembukaan berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1072 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 6 September 2021.

Kepala Humas TMII, Adi Widodo mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan prasarana penunjang protokol kesehatan.

"Prasarana cuci tangan kita cek kembali apa masih berfungsi, sekaligus dilakukan perbaikan serta penambahan," ungkap Adi dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Adi menjelaskan, pihaknya juga akan memasang sejumlah rambu parkir dan imbauan protokol kesehatan di titik-titik strategis.

Baca Juga: Siap Dibuka, Ancol Beri Syarat Minimal Vaksinasi Dosis Pertama bagi Pengunjung

Selain itu juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara regular pada tempat dan benda-benda yang sering bersentuhan dengan pengunjung.

"Kami juga melakukan penyemprotan disinspektan secara reguler. Terutama pada benda atau tempat yang sering disentuh oleh pengunjung, misalnya mobil keliling," kata Adi.

Saat ini, pihak TMII masih menunggu keputusan resmi terkait teknis pembukaan dan rincian lainnya dari Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

"Untuk pelaksanaan masih menunggu keputusan dari Kemenparekraf," ujarnya.

Rincian seperti anjungan dan museum di TMII yang akan dibuka nantinya, Adi mengatakan, belum ada keputusan terkait hal itu.

"Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah. Secara prinsip, TMII siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar dia.

Baca Juga: Pemprov DKI Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata Ancol dan TMII

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Bidang Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta, Iffan, mengatakan, dua tempat wisata yang akan dilakukan uji coba pembukaan ialah Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"TMII dan Ancol," kata Iffan melalui pesan singkat, Rabu (8/9/2021). 

Iffan mengatakan untuk ragunan saat ini belum dilakukan uji coba pembukaan tempat pariwisata. 

"Hanya dua kawasan ini yang baru uji coba," kata Iffan. 

Iffan mengatakan, kemungkinan uji coba pembukaan tempat wisata akan dimulai pada Jumat, 10 September 2021 mendatang.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x