Kompas TV olahraga kompas sport

Hingga 2022 Korea Utara Diskors oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC)

Kompas.tv - 9 September 2021, 14:05 WIB
hingga-2022-korea-utara-diskors-oleh-komite-olimpiade-internasional-ioc
Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. (Sumber: AFP/SERGEI ILNITSKY)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Korea Utara mendapatkan skors dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) hingga akhir 2022. Dilansir dari Reuters Presiden IOC menyatakan, skors ini dikarenakan Korea Utara tidak hadir di Olimpiade Tokyo.

"Komite Olimpiade Nasional Republik Demokratik Rakyat Korea diskors hingga akhir tahun 2022 sebagai akibat dari keputusan sepihaknya untuk tidak berpartisipasi di Tokyo," kata Presiden IOC Thomas Bach dikutip dari Reuters, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Gara-gara Menonton Drama dan Film Korea Selatan, 8 Pemuda Korea Utara Dihukum Penjara Seumur Hidup

Bach menjelaskan, keputusan itu berarti bahwa Komite Olimpiade Korea Utara (PRK NOC) tidak akan menerima dukungan finansial selama skors dan secara definitif akan kehilangan dukungan.

Namun, IOC berhak untuk membuat keputusan tentang setiap atlet Korea Utara yang memenuhi syarat untuk Beijing 2022 dan mempertimbangkan kembali durasi skors negara tersebut. 

Diketahui Korea Utara adalah satu-satunya negara yang tidak mengirim atlet ke Tokyo, dan IOC mengatakan mereka telah diperingatkan tentang konsekuensi karena tidak berpartisipasi.

IOC mengatakan telah melakukan pembicaraan panjang dan menawarkan solusi, termasuk vaksin, kepada Korea Utara, tetapi langkah-langkah itu ditolak oleh komite Olimpiade negara tersebut.

Baca Juga: Korea Utara Tolak Pengiriman 3 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x